Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembiasaan Shalat berjamaah dengan kecerdasab interpersonal anak sekolah dasar, penelitian ini di lakukan dengan mengunakan metode kuantitatif dengan pengambilan Sampel menggunakan Proportional atau Quota Random Sampling. Dan analisis data mengunakan uji validitas,uji reablitas, uji normalitas, uji linearitas dan di lanjutkan dengan uji hipotesis. Hasil nya adalah setelah di lakukan uji hipotesis dengan mengunakan uji korelasi, dapat diketahui hasil koefisien korelasi antara pembiasaan shalat berjamaah dengan kecerdasan interpersonal adalah sebesar 0,864 pada taraf signifikansi 0,000 (signifikansi < 0,05). Karena nilai r hitung lebih besar dari pada r table (0,875 > 0,212) maka H1 diterima. lni berarti antara pembiasaan shalat berjamaah dan kecerdasan interpersonal terdapat hubungan positif yang signifikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin positif atau tinggi kualitas pembiasaan shalat berjamaah maka akan diikuti dengan kenaikan tingkat kecerdasan interpersonalnya.
Copyrights © 2022