Jurnal Reka Lingkungan
Vol 10, No 3 (2022)

PERUBAHAN IKLIM SEBAGAI ANCAMAN KETAHANAN KUALITAS AIR PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI: LITERATUR REVIEW

Tastaptyani Kurnia Nufutomo (Program Doktor Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan - Institut Teknologi Bandung Teknik Lingkungan, Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan - Insitut Teknologi Sumatera)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Pada saat ini perubahan iklim sedang dialami secara global yang dampaknya diperkirakan akan sama seperti pandemi. Perubahan iklim terdiri dari empat faktor utama yaitu terjadinya peningkatan suhu atmosfer, perubahan pola curah hujan, peningkatan konsentrasi CO2 di atmosfer dan peningkatan kadar ozon di troposfer (O3). Dampak perubahan iklim yang biasanya diketahui adalah menurunnya ketersediaan air, sedangkan hubungannya dengan kualitas air masih kurang dipahami. Tujuan literatur review pada makalah ini adalah sebagai kumpulan referensi untuk mengetahui terdapat dampak perubahan iklim terhadap kualitas air di Daerah Aliran Sungai dan sebagai pencarian state of art untuk gap yang akan dilakukan pada penelitian selanjutnya. Pada makalah ini akan membahas mengenai pembagian iklim, Dampak Perubahan Iklim di Indonesia terhadap Sumber Daya Air, kondisi kualitas air sungai, dan ketahanan air terhadap perubahan iklim serta peraturan dan kebijakan di Indonesia mengenai pengelolaan sumberdaya air di Indonesia dan klimatologi. Metode yang digunakan dalam literatur review ini adalah menggunakan kata kunci dampak perubahan iklim pada pencarian di website jurnal  seperti di Google scholar, Scopus dan Science direct  dengan rentan waktu 5 sampai 10 tahun (2011 – 2021).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lingkungan

Publisher

Subject

Environmental Science

Description

Fokus keilmuan dari Jurnal Reka Lingkungan meliputi Teknologi dan Manajemen dari bidang Teknik dan Ilmu Lingkungan. Beberapa ruang lingkup dari Jurnal meliputi sebagai berikut, namun tidak terbatas pada lingkup dibawah ini: 1. Ekologi, 2. Kimia Lingkungan 3. Teknik Lingkungan 4. Ilmu Lingkungan 5. ...