Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 3, No 2 OKT (2022)

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain Ular Tangga Pada Kelompok B TK Aiko Kecamatan Bontoala

Harmiah Harmiah (TK Aiko)
Nurhaedah Nurhaedah (Universitas Negeri Makassar)
Rahmatiah Rahmatiah (TK Agung Aras Telkomas)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain ular tangga pada usia 5-6 tahun di TK Aiko Kecamatan Bontoala. Subjek penelitian ini adalah 15 anak didik kelompok B. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yang setiap siklusnya mencakup 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif pada anak. Peningkatan tersebut berdasarkan rata-rata nilai kemampuan kognitif anak pada siklus 1 yakni 58,2% , sedangkan pada siklus 2 rata-rata nilainya meningkat menjadi 84,8%.Kata Kunci: Bermain, Ular Tangga, Kemampuan Kognitif

Copyrights © 2022