Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain ular tangga pada usia 5-6 tahun di TK Aiko Kecamatan Bontoala. Subjek penelitian ini adalah 15 anak didik kelompok B. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yang setiap siklusnya mencakup 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif pada anak. Peningkatan tersebut berdasarkan rata-rata nilai kemampuan kognitif anak pada siklus 1 yakni 58,2% , sedangkan pada siklus 2 rata-rata nilainya meningkat menjadi 84,8%.Kata Kunci: Bermain, Ular Tangga, Kemampuan Kognitif
Copyrights © 2022