Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

POLA PENALARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA DALAM MEMAJUKAN RUMAH TERAPUNG DI DANAU TEMPE

M A Martawijaya (Universitas Negeri Makassar)
Besse Elviana (Universitas Negeri Makassar)
Helmi Helmi (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis fenomenografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penalaran fisika peserta didik SMA dalam memajukan rumah terapung di danau tempe.  LKPD yang dirancang merujuk pada kearifan lokal di Wajo dengan objek “ Rumah Terapung di danau Tempe”. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Wajo yang menyukai mata pelajaran fisika dan erat kaitannya dengan mata pelajaran IPA yang lain dan pernah berkunjung ke rumah terapung di danau Tempe. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes tulis dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu bernalar dan menggunakan pola penalaran deduktif dan induktif. 

Copyrights © 2022