SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya
Vol 17, No 2 (2022)

PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU MELALUI DIKLAT PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

Yuyun Nuriah (Universitas Indraprasta PGRI)
Megawati Megawati (Universitas Indraprasta PGRI)
Muhammad Farid Wiranto (Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan salah satu program penjaminan mutu dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan kompetensi pedagogik dan professional guru, khususnya di SMK 2 dan SMK 44 Jakarta Pusat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam kompetensi paedagogik dan professional di SMK 2 dan SMK 44 Jakarta Pusat. Pada nilai presentase penyusunan RPP, terjadi peningkatan dari 69,33% pada fase Pra Siklus menjadi 82,65% pada fase siklus satu dan 96,67% pada siklus dua. Dari nilai presentase proses pembelajaran, didapatkan bahwa terjadi peningkatan dari 58,23% pada fase Pra Siklus menjadi 73,54% pada fase Siklus Satu dan 89,37% pada Siklus Dua. Implikasi penelitian ini terhadap kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh LPMP DKI Jakarta dan dilanjutkan Tim Abdimas Unindra Jakarta adalah agar kegiatan pendampingan ini dapat dilaksanakan lebih lanjut dengan melibatkan seluruh guru yang ada di sekolah tersebut. Ini diperlukan untuk dapat meningkatkan kualitas kompetensi pedagogik dan professional guru yang sesuai dengan implementasi kurikulum 2013 revisi 2017.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

supremasi

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

egal Studies: Criminal law, civil law, constitutional law, human law, customary law, Islamic law, government and regional autonomy. Pancasila and Civic Education: Studies of the state foundation and ideology, democracy, conflict resolution, nationalism, Pancasila and civic education, national ...