Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
Vol 6, No 2 (2022): Desember 2022

PEMBELAJARAN KITAB SARQOWI DALAM MEMEBENTUK AQIDAH AHLU SUNNAH WAL JAMAAH TERHADAP PESERTA DIDIK DI MA AL-INAYAH KOTA CILEGON

Fatu rohman (Universitas Muhammadiyah Malang)
Rome lah (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

This study aims to describe the implementation and supporting factors of the role of sarqowi learning in shaping the aqidah of ahlu sunnah wal congregation to improve the civic disposition of students at MA Al-Inayah Cilegon. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques using case studies. Sources of data include person (people), consisting of the principal, the Sarqowi book mapel teacher, religious teacher, and students. Data were collected by means of observation (participant observation & passive participant), interviews and decommentation. The research place is at MA Al-Inayah Cilegon, the results obtained show 1. Implementation of learning the book of Sarqowi at MA Al - Inayah Not yet fully following the syntax of learning the book of Sarqowi 2. Factors that support the achievement of learning the sarqowi scriptures are the full support of the principal, teachers of the Sarqowi book of subjects and religious teachers at the school.Keywords: Learning , Sarqowi book, Aqidah ahlu sunnah wal jamaah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan faktor  pendukung  peran pembelajaran sarqowi dalam membentuk akidah ahlu sunnah wal  jamaah untuk meningkatkan civic disposition siswa/i di MA Al-Inayah Cilegon. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan study kasus. Sumber data meliputi person (orang), terdiri dari  Kepala sekolah, Guru mapel kitab Sarqowi, Guru agama, Siswa/Siswi. Data dikumpulkan dengan teknik observasi (participant observation & passive partisipant), wawancara dan dekomentasi. Tempat penelitian di MA Al-Inayah Cilegon,  Hasil yang didapat menunjukkan 1. Implementasi pembelajaran kitab Sarqowi di MA Al – Inayah Belum sepenuhnya mengikuti pemahaman pembelajaran kitab sarqowi 2. Faktor pendukung tercapainya pembelajaran kitab sarqowi adalah dukungan penuh dari Kepala sekolah, Guru mapel kitab Sarqowi dan guru-guru agama di sekolah tersebut.Kata kunci:  pembelajaran, Kitab sarqowi, Akidah ahlu sunnah waljamaah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Studia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan artikel konsep pembelajaran dan luaran pembelajaran dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini diantaranya: Bahan pendidikan Agama Islam Edukator dan siswa Metode pembelajaran Kurikulum Politik Edukasi Filosofi pendidikan Pendidikan sejarah ...