Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 6 No 1 (2022): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi

Hendrisman Hendrisman (STKIP Yayasan Abdi Pendidikan)
Refi Yanis (STKIP Yayasan Abdi Pendidikan)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model reciprocal teaching terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 2 Kecamatan Guguak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen. Populasi penelitian siswa kelas VII SMPN 2 Kecamatan Guguak yang berjumlah 156 siswa. Penarikan sampel menggunakan Teknik purposive sampling yaitu kelas VII2 yang berjumlah 25 siswa dan VII4 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yaitu tes unjuk kerja. Data dianalisis dengan uji ‘t’ dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Analisis data menunjukkan bahwa, model Reciprocal Teaching berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks fantasi di kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan nilai siswa, yang mana pada waktu prates nilai rata-rata/ mean (X) adalah 71,24. Setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam proses pembelajaran pada waktu pascates dengan nilai rata-rata/ mean () adalah 86,68. Hal ini dilihat dari hasil perbandingan thitung dengan ttabel (5,099 > 2,064), karena thitung lebih besar dari ttabel maka H1 (Hipotesis alternatif) diterima. Jadi, pembelajaran model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dibanding baik digunakan untuk keterampilan menulis teks fantasi. Kata Kunci: model reciprocal teaching, menulis teks fantasi

Copyrights © 2022