Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 7, No 2 (2022): Oktober

PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SD NEGERI KAUMAN 3 MALANG

Dina Novita Amaliyah, Era Oliviya Dina Novita Amaliyah, Era Oliviya (Pascasarjana UIN Malang)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

Abstrak: Penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Negeri Kauman 3 Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I yang berjumlah 23 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 15 anak dan jumlah siswa perempuan 8 anak. Prosedur penelitian dimulai dengan penetapan fokus masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta analisis dan refleksi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu melalui teknik tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Negeri Kauman 3 Kota Malang. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil analisis data bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 19,5% yaitu dari 63,9% menjadi 83,4% dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa  .sebesar 21,75% yaitu dari 65,21% menjadi 86,95%.Abstract:  The use of teaching aids can improve mathematics learning outcomes for the 1th graders of SD Negeri Kauman 3 Kota Malang. This research is a classroom action research. The research subject was the 23 students of the 1th grade with 15 male students and 8 female students. The procedure begins with the establishment of the research focus of the problem, action planning, action and observation, analysis and reflection. Data collection techniques through the testing techniques and observation. The research results obtained are the use of teaching aids can improve mathematics learning outcomes for the 1th graders of SD Negeri Kauman 3 Malang. This is evidenced by the results of data analysis that there was an increase in student activity by 19.5%, from 63.9% to 83.4% and an increase in student learning outcomes by 21.75%, from 65.21% to 86.95 %

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...