Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 7, No 2 (2022): Oktober

MODEL KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN MELALUI KAJIAN TEMATIK

Hidayatussaliki, Tutik Hamidah Hidayatussaliki, Tutik Hamidah (Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam UIN Malang)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah guna mengetahui Tafsir tematik tentang konsep, dan model kepemimpinan Islam yang dijabarkan lebih lanjut dalam beberapa tujuan antara lain: Untukmmendeskripsikan konsep, dan model kepemimpinan Islam dalam kajian tafsir tematik. Dengan demikian, metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini ialah metodologi penelitian kualitatif, kategori penelitian deskriptif-kritis berdasarkan tujuannya. Sedangkan metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah studi literatur dan teks Al-Qur'an. Ayat-ayat Al-Qur'an di jadikan sebagai data primer dan sekunder. Adapun hasil penelitian ini memposisikan: 1). Konsep kepemimpinan dalam Islam sebagai suatu konsep interaksi, hubungan, kegiatan yang mempengaruhi, kegiatan yang mengarahkan sekaligus berkoordinasi baik secara horizontal maupun vertical, berazaskan nilai-nilai ke-Islaman. Dalama al-Qur’an, terkait pemimpin diuraikan dengan berbagai macam istilah antara lain: Khalifah Imam, Uliaal-Amri dan Malik. Makna keempat istilah ini terkait dengan makna "pemimpin", para ulama menawarkan interpretasi konsep kepemimpinan berdasarkan ayat-ayat yang menyatakan bahwa makna kepemimpinan mencakup pemimpin risalah, pemimpin khalifah, dan pemimpin doa, serta kepemimpinan dalam manajemen pendidikan. 2). Model kepemimpinan dalam Islam mengacu pada model kepemimpinan “khalifah”, yakni Pendidikan Islam orientasinya padattujuan dan tugasppokok manusia, yaitu sebagai ’abdddan khalifahffilaardh. Sehingga orientasi kehidupan ideal Islami dapat dicapai melalui model kepemimpinan yang Nabi Muhammad SAW terapkan yaitu model kepemimpinan kenabian (prophetic leadership) dan ini merupakan kepemimpinan ideal dalam Islam. Abstract: The purpose of this study in general is to find out thematic interpretations of concepts and models of Islamic leadership which are further elaborated into several objectives, including: To describe concepts and models of Islamic leadership in the study of thematic interpretations. Thus, the methodology that the authors use in this study is a qualitative research methodology, a descriptive-critical research category based on its objectives. While the method used in collecting data is the study of literature and the text of the Qur'an. The verses of the Qur'an are used as primary and secondary data. The results of this study position: 1). The concept of leadership in Islam is a concept of interaction, relationship, influencing activities, activities that direct and coordinate both horizontally and vertically, based on Islamic values. In the Qur'an, leaders are described in various terms, including: Caliph Imam, Uliaal-Amri and Malik. The meanings of these four terms are related to the meaning of "leader", scholars offer an interpretation of the concept of leadership based on verses which state that the meaning of leadership includes treatise leaders, caliph leaders, and prayer leaders, as well as leadership in education management. 2). The leadership model in Islam refers to the "khalifah" leadership model, that is, Islamic education is oriented towards the goals and main tasks of humans, namely as 'abdd and khalifahffilaardh. So that the ideal Islamic life orientation can be achieved through the leadership model that the Prophet Muhammad SAW applied, namely the prophetic leadership model and this is the ideal leadership in Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...