Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 7, No 2 (2022): Oktober

MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDA’IYAH NURUL ISLAM

Nurjannah, Helwani, Nasarudin, Husnan Nurjannah, Helwani, Nasarudin, Husnan (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam penggunaan media pembelajaran Bahasa Arab ditingkat Madrasah, yang nantinya akan berdampak pada  empat kompetensi yang harus dicapai siswa yaitu kemampuan menyimak (Istima’), berbicara (kalam), membaca (Qira’ah), dan menulis (kitabah). Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan proses pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini mencatat bahwa; 1). Madrasah Ibtida’iyah Nurul Islam memiliki beberapa media pembelajaran bahasa Arab seperti, alat peraga, LCD, papan tulis dan buku paket Bahasa Arab, serta terdapat media pendukung yang dibuat oleh guru bahasa Arab seperti; kartu kosakata, kartu bergambar, cerita pendek, poster berbahasa Arab, papan bahasa Arab,  kotak tata bahasa,  video pembelajaran, dan lagu berbahasa Arab. 2). Cara penggunaan media pembelajaran Bahasa Arab di MI Nurul Islam berfariasi, seperti; penyesuaian dengan tujuan pembelajaran, materi yang diajarkan, metode pembelajaran yang digunakan, bahkan penggunaan media pembelajaran juga divariasikan sesuai dengan kondisi siswa, sehingga berdampak pada pemberian pemahaman kepada siswa terkait materi yang telah diajarkan, munculnya motivasi siswa, mengikis rasa bosan siswa, meningkatkan daya ingat siswa, dan meningkatkan daya kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran.Abstract: This study aims to find out the various uses of Arabic language learning media at the Madrasah level, which will later have an impact on the four competencies that students must achieve, namely listening (Istima'), speaking (kalam), reading (Qira'ah), and writing (kitabah) skills. The methodology used in this research is a qualitative approach with the data collection process using interviews and observation. The results of this study noted that; 1). Madrasah Ibtida'iyah Nurul Islam has several Arabic learning media such as teaching aids, LCDs, blackboards and Arabic textbooks, and there are supporting media made by Arabic teachers such as; vocabulary cards, picture cards, short stories, Arabic posters, Arabic boards, grammar boxes, learning videos and Arabic songs. 2). How to use Arabic learning media at MI Nurul Islam varies, such as; adjustments to the learning objectives, the material being taught, the learning methods used, even the use of learning media is also varied according to the conditions of the students, so that it has an impact on providing understanding to students regarding the material that has been taught, the emergence of student motivation, eroding student boredom, improving memory students, and increase the creativity of students in the learning process.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...