EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Vol 1 No 1 (2018): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya

ANALISIS IMPLEMENTASI DAN PROBLEMATIKA PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Ahmad Hasan Hariri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2018

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan, tidak hanya bagi perkembangan dan perwujudan diri individu tetapi juga untuk pembangunan suatu bangsa dan negara. Kemajuan suatu budaya tergantung dari bagaimana kebudayaan tersebut mengenali menghargai dan memanfaatkan sumber daya manusia. Hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anggota-anggota masyarakat. yang akan menjadi patokan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:1). Bagaimana konsep pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kegiatan belajar mengajar? 2). Bagaimana implementasi dan problematika konsep pendekatan saintifik Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di dalam kegiatan belajar mengajar? Dengan tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Menganalisis pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 2). Menganalisis implementasi dan problematika pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini tergolong penelitian pustaka atau literer, maka penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Penelitian ini lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada yang didapat dari buku-buku, tulisan-tulisan dan dengan mengandalkan teori-teori yang ada untuk diinterpretasikan secara luas dan mendalam. Untuk itu, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kepustakaan dengan berdasarkan tulisan yang mengarah pada pembahasan skripsi ini. Selain itu peneliti menggunakan pendekatan interpretasi adalah suatu pendekatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan bagian-bagian yang kurang jelas berdasarkan asumsi dan pemahaman peneliti. Kata Kunci : Implementasi, Problematika, Pendekatan, Saintifik, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edureg

Publisher

Subject

Education

Description

The purpose of this journal is to publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The research results of islamic edication. 2. ...