EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Vol 5 No 1 (2022): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran SKI Masa Pandemi Covid-19 di MAN I Tuban Tahun Pelajaran 2020/2021

HADI IRHAMNI (Kemenag Tuban)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Pandemi Covid-19 yang memberikan dampak disetiap bidang kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk di dunia pedidikan. Guru disemua jenjang pendidikan dituntut untuk melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Guru SKI MAN 1 Tuban sebagai informan penelitian ternyata memliki keunggulan dalam PJJ mereka mampu untuk terus bekerja dengan mengoptimalkan semua potensi yang ada melalui media IT. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa pada Mata Pelajaran SKI masa pandemi Covid – 19 di MAN 1 Tuban ? (2)Bagaimana faktor pendukung? (3)Bagaimana faktor penghambat? (4) Bagaimana hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran SKI masa pandemi Covid-19 di MAN 1 Tuban? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Strategi Guru PAI dalam meningkatkan pemahaman siswa pada Mata Pelajaran SKI masa pandemi Covid – 19 di MAN 1 Tuban (2) untuk mengetahui faktor pendukung (3) untuk mengetahui faktor penghambat (4) untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran SKI masa pandemi Covid-19 di MAN 1 Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lokasi penelitiannya di MAN 1 Tuban, sumber datanya dari guru SKI MAN 1 Tuban dan dokumentasi. Metode pengumpulan datanya menggunakan google form, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI masa pandemi covid -19 di MAN 1 Tuban adalah menerapkan pembelajaran jarak jauh melalui metode blanded learning.(2) Faktor pendukung antara lain dengan memanfaatkan IT, menggunakan WA, google classroom, e-learning, google form, dan email. (3) Faktor penghambat ada 3 hal, pertama terkait jaringan internet. Yang ke dua, faktor siswa, yang kurang mampu ekonomi dan IT. Yang ke tiga dari faktor guru. Guru lebih sibuk karena PJJ. (4) Pembelajaran di masa pandemi covid-19 dengan strategi pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan IT, pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI untuk kelas X menurun sedangkan kelas XI dan XII mengalami peningkatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edureg

Publisher

Subject

Education

Description

The purpose of this journal is to publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The research results of islamic edication. 2. ...