EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Vol 5 No 1 (2022): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya

Penerapan Variasi Metode dalam Pembelajaran SKI di Kelas V MI Miftahul Ulum Karangagung, Glagah, Lamongan

Siti Rahayu Nasichatu Muslimatin (STAI Alif Laam Miim Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

pembelajaran SKI di MI Miftahul Ulum Karangagung, Glagah, Lamongan. Pembelajaran SKI yang seringkali bisa dibioang membosankan bagi siswa direncanakan dengan metode yang lebih variatif agar lebih menarik dan siswa juga merasa senang, sehingga tertarik dengan pelajaran SKI. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan di antaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan tahapan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa penerapan variasi metode dalam pembelajaran SKI di MI Miftahul Ulum ini memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa. Hal ini tentunya dapat meningkatakan motivasi dan semangat belajar khususnya pada pelajaran SKI. SKI tidak lagi menjadi pelajaran yang monoton dan menjenuhkan dengan variasi metode yang diterapkan oleh guru mata pelajaran dan ini tentunya bisa menjadi model untuk mata pelajaran lain apabila siswa merasa jenuh dalam belajar. Improvisasi guru memberikan variasi metode ini sebagai bentuk dan upaya Lembaga dalam peningkatan kualitas lulusan. Oleh karena itu, peran guru menjadi penting dalam proses belajar mengajar utamanya dalam pendekatan student center ini

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edureg

Publisher

Subject

Education

Description

The purpose of this journal is to publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The research results of islamic edication. 2. ...