Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 5 (2022)

PENGARUH PENDIDIKAN & PELATIHAN (DIKLAT) DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU SD NEGERI SE- KECAMATAN BATU HAMPAR KABUPATEN ROKAN HILIR

Hendri Hendri (Universitas Riau, Pekanbaru)
Fadly Azhar (Universitas Riau, Pekanbaru)
Isjoni Isjoni (Universitas Riau, Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Artikel ini melaporkan adanya pengaruh variabel (1) pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) terhadap profesionalisme guru, (2) pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru, (3) pendidikan dan pelatihan (diklat) dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru. Responden penelitian melibatkan guru SD Negeri Kecamatan Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir. Sampel berjumlah 62 orang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan portofolio sebagai instrument penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis prasyarat dan pengujian hipotesis. Koefisien reliabilitas instrument dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap profesionalisme guru sebesar 0,476, dan terdapat pengaruh positif antara pengalaman mengajarvterhadap profesionalisme guru sebesar 0,690. Sedangkan secara simultan pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sebesar 0,766.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...