Indonesian Journal of Instruction
Vol. 3 No. 2 (2022): May 2022

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Risma Damayanti (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Kadek Yudiana (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Putu Aditya Antara (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia dan kurangnya kemampuan menyimak siswa merupakan masalah dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas V SD berjumlah 132 siswa dari lima Sekolah.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan media tes dengan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda berjumlah 40 soal. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD. Selain itu, kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling berbantuan memiliki rata-rata skor hasil belajar Bahasa Indonesia lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling berpengaruh positif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling, dapat membantu siswa dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...