Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif pilihan kepada para Guru IPS menengai cara penanaman nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan atau library research dimana pengumpulan data dilakukan dengan penggalian beragam informasi kepustakaan. Hasil penelitian ini didapat, jika penanaman nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS dapat dilakukan, meskipun bukan proses yang mudah. Hal ini disebabkan karena tema dan materi dalam mata pelajaran IPS masih terlalu banyak. Hal ini dapat mempengaruhi minat dan motivasi pembelajaran peserta didik. Guru IPS sebagai fasilitator pembelajaran harus dengan cermat melihat materi yang akan digunakan sebagai media penanaman nilai-nilai demokrasi karena tidak semua materi dapat digunakan. Metode yang dipergunakan dalam penanaman nilai demokrasi yang paling sesuai adalah diskusi disebabkan oleh karkteristik metode ini yang memungkinkan peserta didik dapat menerapkan berbagai ketrampilan sosial yang sesuai.The inculcation of democratic values through social studies learning This study aims to provide a choice for social studies teachers regarding how to inculcate democratic values through social studies learning. The research method used in this study is the library research method where data collection is carried out by extracting various library information. The results of this study are obtained if the inculcation of democratic values through social studies learning can be carried out, although it is not an easy process. This is because there are too many themes and materials in social studies subjects. This can affect the interest and motivation of students' learning. Social studies teachers as learning facilitators must carefully look at the material that will be used as a medium for inculcating democratic values because not all materials can be used. The most appropriate method used in inculcating democratic values is discussion due to the characteristics of this method which allows students to apply various appropriate social skills.
Copyrights © 2022