Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Vol 20, No 4 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya

Peningkatan Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Agen Travel Online Melalui Fitur dan Gamifikasi

Yulia Hamdaini Putri (Universitas Sriwijaya)
Aslamia Rosa (Universitas Sriwijaya)
Graciella Sabathini (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian – Teknologi masa kini membantu bisnis travel dalam menjalankan usahanya memuaskan pengguna, melalui strategi gamifikasi dan fitur produk. Gamifikasi merupakan strategi untuk menarik pengguna berupa hadiah, poin, level, cerita atau tantangan. Teknik pemasaran gamifikasi juga menjadi data survey bagi perusahaan. sedangkan strategi fitur produk dapat meningkatkan profit bisnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gamifikasi pada keputusan pengguna dan variabel mana dari fitur produk yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melakukan interview dan angket sebagai metode pengumpulan data terhadap masyarakat umum kota Palembang, yang menggunakan aplikasi traveloka dan tiket.com. Temuan – Hasil penelitian ini menyatakan adanya pengaruh signifikan antara variabel gamifikasi secara bersama pada kepuasan pengguna. secara parsial hadiah paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Hasil uji F ada pengaruh yang signifikan antara variabel fitur produk dalam penggunaan bersama pada kepuasan pengguna. Variabel dengan pengaruh paling besar terhadap kepuasan pengguna adalah kemudahan dalam penggunaan aplikasi. Keterbatasan penelitian – penelitian ini hanya terbatas pada satu wilayah Originality/value – penelitian ini berfokus pada kepuasan pengguna yang menyukai gamifikasi (permainan mendapatkan point dan reward) serta kegunaan fitur. Keywords : Gamifikasi, Fitur Produk, Kepuasan Pengguna 

Copyrights © 2022