Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran
Vol 5, No 1 (2021)

PENGARUH PERUBAHAN PANJANG ALUR ROLLER TERHADAP DAYA DAN AKSELERASI PADA SEPEDA MOTOR MATIC 125 CC CBS ISS

Wiyan Dwi Pangestu (Universitas Negeri Malang)
Imam Muda Nauri (Universitas Negeri Malang)
Erwin Komara Mindarta (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari perubahan panjang alur roller terhadap daya dan akselerasi pada sepeda motor Honda Vario 125 cc PGM-FI CBS ISS. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain quasi-experiment yang melibatkan variabel bebas dan variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian ini daya yang dihasilkan oleh primary pulley standard pada putaran rpm 8000 ialah sebesar 10,281 HP sedangkan dengan menggunakan primary pulley yang sudah di custom menghasilkan daya sebesar 10,905 HP. Sementara untuk akselerasi kendaraan yang dihasilkan ketika menggunakan primary pulley standard dari kecepatan 0-100 km/jam ditempuh dengan percepatan 2,05 m/  sedangkan untuk primary pulley custom dengan kecepatan yang sama ditempuh dengan percepatan 2,09 m/ . Dengan demikian perubahan panjang alur roller ini tidak menghasilkan perbedaan daya dan akselerasi yang signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JTO

Publisher

Subject

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini merupakan kumpulan artikel kajian tentang Pendidikan Teknik ...