cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jtmp@um.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran
ISSN : 26139324     EISSN : 26139316     DOI : dx.doi.org/10.17977
Core Subject :
Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini merupakan kumpulan artikel kajian tentang Pendidikan Teknik Otomotif.
Arjuna Subject : -
Articles 60 Documents
INOVASI PEMBELAJARAN MUTAKHIR DENGAN MIND MAPPING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI EXPERT DAN AKSELERASI POLA PIKIR MAHASISWA Putra, Andika Bagus Nur Rahma; Mukhadis, Amat; Partono, Partono; Nauri, Imam Muda; Purwanto, Eko Edi; Sholah, Agus
Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2875.856 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan konsep dan/atau subkonsep matakuliah termodinamika teknik yang dianggap sulit dan sukar untuk dipahami, serta faktor-faktor penyebab rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa pada matakuliah ter­modinamika teknik. Rancangan penelitian dengan mix me­­thod dengan langkah: kajian awal dengan memetakan pemahaman siswa melalui tes pemahaman dan faktor penyebab miskonsepsi melalui survei, studi dokumentasi dan wa­wan­cara mendalam di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian me­nunjukkan bahwa: 1) materi pada termodinamika teknik yang dianggap mahasiswa sulit dikerjakan meliputi transfer energi, proses adiabatik, entropy system, carnot cycle and otto cycle, die­sel cycle and brayton cycle, dan combustion system and internally-externally reversible processes; 2) dua faktor utama penyebab rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa meliputi Lemahnya Tingkat kemampuan menganalisis soal perhitungan dan Terbatasnya Ketersediaan media pendukung belajar; dan 3) bahwa sangat efektif pem­bel­­ajaran berpendekatan peta pikiran (mind mapping) sebagai alter­natif me­me­cah­kan masalah rendahnya kompetensi dan pola pikir mahasiswa.
PENGEMBANGAN MODUL DAN BUKU TEKS MATA PELAJARAN KEJURUAN PRODUKTIF MEMPERBAIKI SISTEM REM KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK AHMAD YANI KOTA PROBOLINGGO Mindarta, Erwin Komara; Marji, Marji; Paryono, Paryono
Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2455.143 KB)

Abstract

Kepentingan siswa dalam menggunakan modul dan buku teks di era globalisasi ini mengalami penurunan. Karena, ada banyak media pembelajaran berbasis online yang mudah ditemukan di Internet. Berkaitan dengan itu, diperlukan pengembangan komponen dalam modul dan buku teks. Penelitian ini dilakukan untuk menguji beberapa hipotesis (H0), tidak ada perbedaan yang signifikan antara kualitas modul dan teks dengan modul pengembangan dan teks pasca pengembangan. Kemudian, hipotesis lain adalah hipotesis kerja, modul pengembangan pasca kerja lebih baik daripada buku teks pasca pengembangan. Selanjutnya, nilai post-development siswa lebih baik daripada nilai pre-development siswa.
PENGARUH PENGGUNAAN ELEKTRONIK TURBOCHARGER TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR Rahman, Rifki Zainur; Mardji, Mardji; Paryono, Paryono
Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3168.749 KB)

Abstract

Pencemaran udara yang disebabkan gas buang kendaraan bermotor merupakan ancaman bagi kesehatan mahluk hidup. Hal itu disebabkan karena pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat pada setiap tahunnya. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi emisi gas buang diantaranya dengan dikeluarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor. Keadaan ini pasti membutuhkan solusi salah satunya pengurangan emisi gas buang kendaraan bermotor.salah satu upaya alternatif untuk memaksimalkan pembakaran adalah dengan membuat aliran putar turbulen pada fluida kerja (swirl) sehingga mengoptimalkan percampuran udara dengan bahan bakar salah satunya dengan Elektronik Turbocharger. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui jumlah emisi gas buang (CO dan HC) yang dihasilkan mesin yang belum terpasang Elektronik Turbocharger dan sudah terpasang Elektronik Turbocharger. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pada penggunaan Elektronik Turbocharger terhadap emisi gas buang CO. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pada penggunaan Elektronik Turbocharger terhadap emisi gas buang HC. Penelitian ini menggunakan jenis metode eksperimen dengan menggunakan dua variabel penelitian. Vareabel bebas dalam penelitian ini adalah jenis Elektronik Turbocharger,Variabel terikat dalam penelitian ini adalah emisi gas buang. Penelitian untuk menguji emisi gas buang dilaksanakan di Laboratorium Otomotif Universitas Negeri Malang. Data yang diambil dari rpm 1500 sampai 7500 dengan kenaikan 1500 rpm. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik menggunakan metode statistik Paired Sample t Test dengan bantuan SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian yang didapat pada penelitian tersebut ialah, pemasangan Elektronik Turbocharger memberikan dampak positif yaitu berkurangnya kadar CO dan HC setelah pemasangan Elektronik Turbocharger. Hasil tersebut dipengaruhi oleh pusaran yang terjadi didalam saringan udara sihingga campuran udara dan bahan bakar lebih homogen yang berakibat pembakaran yang sempurna. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemasangan Elektronik Turbocharger terhadap emisi gas buang CO dan HC pada Honda Vario 125 eSP pada putaran 1500 rpm, 3000 rpm, 4500 rpm, 6000 rpm dan 7500 rpm.
PENGARUH DIKLAT DAN PENGALAMAN GURU TERHADAP KOMPETENSI GURU TEKNIK KENDARAAN RINGAN DALAM MENGELOLA BENGKEL PADA SMK DI KOTA MALANG Supriyanto, Supriyanto
Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2258.135 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Tingkat kompetensi guru Teknik Kendaraan Ringan dalam mengelola bengkel pada SMK Di Kota Malang. (2) Kualitas diklat guru Teknik Kendaraan Ringan pada SMK Di Kota Malang. (3) Kualifikasi pengalaman guru Teknik Kendaraan Ringan pada SMK Di Kota Malang. (4) Pengaruh antara kualitas diklat guru Teknik Kendaraan Ringan dengan tingkat kompetensi dalam mengelola bengkel pada SMK Di Kota Malang. (5) Pengaruh antara pengalaman guru Teknik Kendaraan Ringan dengan tingkat kompetensi dalam mengelola bengkel pada SMK Di Kota Malang. (6) Pengaruh antara kualitas diklat dan pengalaman guru Teknik Kendaraan Ringan dengan tingkat kompetensi dalam mengelola bengkel pada SMK Di Kota Malang. Perancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa pengalaman guru teknik kendaraan ringan secara keseluruhan dapat dikategorikan memiliki kualifilkasi pengalaman “baik”. Tingkat kompetensi guru teknik kendaraan ringan dalam penelitia ini diukur dari 4 hal, yaitu: (1) kompetensi dalam perencanaan bengkel, (2) kompetensi dalam pengorganisasian bengkel, (3) pelaksanaan dan (4) kompetensi dalam pengawasan bengkel. Dalam penelitian ini ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pendidikan dan pelatihan (diklat) yang pernah diikuti oleh guru teknik kendaraan ringan dengan kompetensi guru teknik dalam mengelola bengkel. Pendidikan dan pelatihan (diklat) dan/atau latihan bagi pemimpin dapat menghasilkan perubahan perilaku dalam pekerjaan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PEMINDAH TENAGA MATERI SISTEM TRANSMISI BAGI SISWA SMK KELAS XI TKR SMK NASIONAL MALANG Dwiprani, Yani Atmaja; Suhartadi, Syarif; Poerwanto, Eko Edi
Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2275.43 KB)

Abstract

Model pembelajaran group investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang sesuai dengan teori belajar kontruktivisme yang memberikan penekanan kepada kemampuan siswa untuk saling bekerja sama serta saling membantu dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan atau menyelesaikan tugas yang diberikan. Model pembelajaran tersebut dikolaborasikan dengan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pemindah tenaga materi sistem transmisi. Penggunaan metode mind mapping bertujuan agar siswa lebih mudah menempatkan informasi kedalam otak dan mengambil informasi dari luar otak karena metode tersebut merupakan cara mencatan efektif, kreatif, dan secara harfiah dapat memetakan pikiran-pikiran berdasarkan pemahaman setiap individu.
DESKRIPSI SOCIOECONOMIC of TRAINING PARTICIPANTS PADA PELATIHAN KEJURUAN TEKNIK OTOMOTIF DI UPT PELATIHAN KERJA SINGOSARI MALANG Irdianto, Windra; Rudiyanto, Eddy
Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2188.941 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan latar belakang training participants khususnya dari segi socioeconomic pada mata latih keterampilan kejuruan otomotif yang diselenggarakan oleh UPT Pelatihan Kerja Singosari Malang. UPT Pelatihan Kerja Singosari merupakan suatu unit di bawah pemerintah provinsi yang bertugas untuk melaksanakan sebagian tugas dinas dalam pelatihan keterampilan kejuruan, dan pengetahuan kejuruan serta pelayanan bagi seluruh elemen masyarakat. UPT Pelatihan Kerja (PK) Singosari memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat terutama da­lam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mayoritas tingkat pendidikan training participants adalah dari lulusan SMK. Hasil penelitian mengenai tingkat ekonomi training participants rata-rata menengah. Sedangkan untuk daerah asal training participants tersebar dari tujuh provinsi di Indonesia, walupun training participants masih didominasi oleh peserta dari kabupaten Malang, akan tetapi keberagaman daerah asal training participants menunjukkan bahwa UPT PK Singosari memiliki reputasi yang baik di tingkat nasional.
PENGARUH PERUBAHAN VOLUME RUANG BAKAR TERHADAP DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR Prawoto, Ridlo Alifsandi; Sumarli, Sumarli; Widiyanti, Widiyanti
Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1983.405 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan daya antara sepeda motor Honda Astrea Grand C100 yang menggunakan volume ruang bakar standar dengan volume ruang bakar modifikasi (2) Untuk mengetahui perbedaan konsumsi bahan bakar antara sepeda motor Honda Astrea Grand C100 yang menggunakan volume ruang bakar standar dengan volume ruang bakar modifikasi. Penelitian yang dilakukan adalah termasuk penelitian “true experiment posttest control group design”. Analisis data yang digunakan adalah metode uji beda dua sampel berpasangan (uji-T) dengan menggunakan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya mesin yang signifikan. Namun daya yang dihasilkan dengan menggunakan volume ruang bakar standar tetap lebih baik dari pada menggunakan volume ruang bakar modifikasi. Sesuai penelitian yang telah dilakukan daya yang dihasilkan mesin menggunakan volume ruang bakar standar sebesar 2,968 HP dan menggunakan volume ruang bakar modifikasi 2,829 HP, kemudian hasil penelitian mesin yang menggunakan volume ruang bakar modifikasi memerlukan waktu yang lebih lama dalam mengkonsumsi bahan bakar dari pada mesin dengan menggunakan volume ruang bakar standar. Modifikasi paking dapat menghemat konsumsi bahan bakar pada mesin Honda Astrea Grand C 100. Sesuai penelitian waktu konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan mesin Honda Astrea Grand C100 dengan menggunakan volume ruang bakar modifikasi selama 3,143 s/5ml dan mesin dengan volume ruang bakar standar yang memerlukan waktu 2,545.
PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PENGISIAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM STARTER DAN PENGISIAN DI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NASIONAL MALANG Saleh, Ranu Muhammad; Mardji, Mardji; Nauri, Imam Muda
Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2263.591 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMK Nasional Malang diketemukan permasalahan dalam proses pembelajaran sistem pengisian bahan ajar yang digunakan terbatas pada LKS dan power point, sehingga siswa kurang memiliki bahan ajar secara mandiri. Berdasar permasalahan tersebut, mengembangkan bahan ajar berupa modul merupakan sebuah solusi yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah. Langkah-langkah tersebut meliputi: potensi dan masalah, pengumpuan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba produk, revisi produk dan produk siap digunakan. Hasil penelitian menghasilkan modul Sistem Pengisian dengan kriteria kelayakan sebagai berikut: validasi ahli media menunjukan rata-rata persentase tingkat kelayakan modul sebesar 95,24% (valid), validasi ahli materi menunjukan rata-rata persentase tingkat kelayakan modul sebesar 86,76% (valid), hasil uji coba skala kecil menunjukan rata-rata persentase tingkat kelayakan modul sebesar 85,47% (valid) dan hasil ujicoba skala besar menunjukan rata-rata persentase tingkat kelayakan modul sebesar 82,98% (valid). Berdasar data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produk modul Sistem Pengisian dikatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi memelihara sistem pengisian oleh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nasional Malang.
HUBUNGAN HASIL BELAJAR PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DAN HASIL PRAKTIK KERJA LAPANGAN DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 6 MALANG Nuha, Mohammad Ulin; Suhartadi, Syarif; Sumarli, Sumarli
Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2103.28 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) Apakah ada Hubungan antara Hasil Belajar pada Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang. (2) Apakah ada Hubungan antara Hasil Praktik Kerja Lapangan dengan Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang. (3) Apakah ada hubungan antara Hasil Belajar pada Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Hasil Praktik Kerja Lapangan dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif korelasional. Dengan mengambil subyek penelitian 114 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang positif antara Hasil Belajar pada Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,596 (2) Ada hubungan yang positif antara Hasil Praktik Kerja Lapangan dengan Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,474. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara Hasil Belajar pada Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Hasil Praktik Kerja Lapangan dengan Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang dengan nilai R sebesar 0, 644.
PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA BIDIKMISI DENGAN MAHASISWA NON BIDIKMISI PRODI S1 PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF, FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG Taufik, Rohman; Partono, Partono; Poerwanto, Eko Edi
Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2537.339 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif komparatif untuk membandingkan motiva­si belajar dan prestasi belajar antara mahasiswa bidikmisi dengan mahasiswa non bidikmisi pada Pro­gram Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Sampel penelitian ini berjumlah 154 mahasiswa yang terdiri dari 77 mahasiswa bidikmisi dan 77 mahasiswa non bidikmisi dengan metode Proporsional Random Sampling. Pengambilan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji analisis deskriptif, uji One Way Anova dan uji t dengan bantuan SPSS 17.0 For Windows.Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan prestasi belajar yang signif­ikan antara mahasiswa bidikmisi angkatan 2013, angkatan 2014, angkatan 2015 dan angkatan 2016; (2) Tidak ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara mahasiswa non bidikmisi angkatan 2013, angkatan 2014, angkatan 2015 dan angkatan 2016; (3) Ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara mahasiswa bidikmisi angkatan 2013, angkatan 2014, angkatan 2015 dan angkatan 2016; (4) Ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara mahasiswa non bidikmisi angkatan 2013, angkatan 2014, angkatan 2015 dan angkatan 2016; (5) Ada perbedaan prestasi belajar yang sig­nifikan antara mahasiswa bidikmisi dengan mahasiswa non bidikmisi; (6) Ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara mahasiswa bidikmisi dengan mahasiswa non bidikmisi.