Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran
Vol 6, No 1 (2022)

PENGARUH UREA (NH2)2CO SEBAGAI DIESEL EXHAUST FLUID PADA SELECTIVE CATALYTIC REDUCTION BERBAHAN ZEOLITE TERHADAP DAYA DAN EMISI GAS BUANG MESIN DIESEL

Fendi Handika Setiawan (Universitas Negeri Malang)
Sumarli Sumarli (Universitas Negeri Malang)
Paryono Paryono (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Hasil penelitian akan digunakan untuk pengayaan keilmuan teknik otomotif terapan dan untuk keperluan praktisi teknik otomotif. Untuk meneliti masalah tersebut, telah dilakukan pengujian daya mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc menggunakan dayno test di bengkel Roda Jaya Speed Malang dan pengujian emisi gas buang yang diteliti yaitu kadar kepekatan gas buang/opasitas mesin diesel Toyota Kijang LGX 2000 cc menggunakan smoke tester di bengkel Otomotif Universitas Negeri Malang. Dengan menggunakan variasi tipe Catalytic ( Catalytic converter, Catalytic SCR dengan DEF   20%,32.5%,40% ,dan tidak menggunakan catalytic) kemudian di uji pengaruhnya terhadap daya dan kadar kepekatan gas buang/opasitas pada putaran mesin 1000, 1250, 1500, 1750, 2000, 2250, 2500, 2750, 3000 RPM, didapatkan hasil bahwa: 1) Ada perbedaan daya yang signifikan antara penggunaan catalytic converter dengan catalytic SCR dengan DEF 20%,32.5%,40% mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc, 2) Ada perbedaan daya yang signifikan antara penggunaan catalytic converter dengan yang tidak menggunakan catalytic mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc, 3) Ada perbedaan kadar kepekatan gas buang/opasitas yang signifikan antara penggunaan catalytic converter dengan catalytic SCR dengan DEF 20%,32.5%,40% mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc, 4)  Ada perbedaan kadar kepekatan gas buang/opasitas yang signifikan antara penggunaan catalytic converter dengan catalytic SCR dengan DEF 20%,32.5%,40% mesin diesel Toyota Kijang LGX 2500cc. Berdasarkan hasil penelitian di atas, beberapa saran yang diberikan oleh peneliti antara lain: 1) bagi akademisi universitas negeri malang sebagai referensi dan masukan yang konkret ilmiah, sehingga dapat digunakan untuk prngayaan ilmu teknik otomotif dan pengembangan penelitian yang relevan selanjutnya; 2) bagi praktisi industri, membuat kendaran lebih GO green.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTO

Publisher

Subject

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini merupakan kumpulan artikel kajian tentang Pendidikan Teknik ...