Pandemic Covid - 19 sangatlah berdampak pada sektor pendidikan dan semua kegiatan pembelajaran di semua jenjang pendidikan berlangsung secara online. Hampir semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dengan menggunakan metode tradisional (ceramah). Sehingga banyak siswa yang tidak mengerti apa yang di bicarakan oleh guru. Hal ini berdampak pada minimnya daya tampung siswa yang menyebabkan tingginya angka pengangguran di kalangan alumni SMK. Data tahun 2020-2021 yang diunggah Pusat Statistik Nasional menunjukkan angka pengangguran terbuka (TPT) pada jenjang pendidikan vokasi sebesar 13,55%. Disusul jenjang Pendidikan SMA sebesar 9,86%, SMP sebesar 6,46% dan jenjang SD sebesar 3,61%. Media pembelajaran game car mechaic simulator adalah media pembelajaran yang bisa dipakai sebagai upaya meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedan hasil belajar dan motivasi belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran game car mechanic simulator dan menggunakan media pembelajaran powerpoint siswa kelas XI TKRO di SMKS Pawyatan Daha 3 Kabupaten Kediri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara menggunakan media pembelajaran game car mechanic simulator dan menggunakan media powerpoint siswa kelas XI TKRO di SMKS Pawyatan Daha 3 Kabupaten Kediri.
Copyrights © 2022