Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Vol 7, No 1 (2022)

Perkuliahan Virtual di Masa Physical Distancing pada Matakuliah Manajemen PAUD

Syunu Trihantoyo (Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya)
Windasari Windasari (Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya)
Supriyanto Supriyanto (Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya)
Moh. Syahidul Haq (Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya)
Aditya Chandra Setiawan (Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Abstract: The teaching and learning process is currently presented as online learning to answer challenges in developing the learning process in the era of the industrial revolution 4.0 and physical distancing due to the Covid-19 pandemic. This study aims to develop virtual lectures during the physical distancing period in PAUD management courses. This type of research is development research. The method used in developing the product is the ADDIE model. The methods used in collecting data are observation and questionnaires. The instrument used in collecting data is a questionnaire. The technique used in analyzing the data is descriptive qualitative and quantitative analysis. The results of this study indicate that PAUD Management virtual lectures get “decent” assessment results with an average score of 4.0 from media experts, material experts and also from the results of the initial trials. It was concluded that virtual lectures during the physical distancing period in PAUD management courses were suitable for learning. Abstrak: Proses belajar mengajar saat ini disajikan dalam bentuk pembelajaran online untuk menjawab tantangan dalam mengembangkan proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0 dan juga physical distancing akibat pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perkuliahan vitual di masa physical distancing pada mata kuliah manjemen PAUD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. Metode yang digunakan dalam mengembangkan produk yaitu model ADDIE. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkuliahan virtual Manajemen PAUD mendapatkan hasil penilaian yang “layak” dengan skor rata-rata 4,0 dari ahli media, ahli materi dan juga dari hasil uji coba tahap awal yang dilakukan. Disimpulkan bahwa perkuliahan vitual di masa physical distancing pada mata kuliah manjemen PAUD layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jktpk

Publisher

Subject

Education

Description

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, ISSN 2549-7774 (online), ISSN 2548-6683 (print), is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is published by Fakultas Ilmu Pendidikan ...