Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, ISSN 2549-7774 (online), ISSN 2548-6683 (print), is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is published by Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Articles
107 Documents
Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penerapan Model Pembelajaran Sentra Melalui Supervisi Akademik
Wiwin Yuli Astutik
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016): December 2016
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (293.277 KB)
|
DOI: 10.17977/um027v1i22016p093
Abstract: Improving Teachers’ Abilities to Employ the Circle Centered Learning Model through Academic Supervision Method. The circle centered learning is the model that be can be used by many kindergartens in Indonesia. The ability of teachers in implement the model is various in quality. It is because the understanding of teachers about the model is different. In order to solve the problem, the teacher need a supervision. This research aimed to improve teachers’ ability to employ the circle centered learning model through the academic supervision method. The research used action research design. The research was conducted in TK Koperasi Batik, Mojokerto. The result showed that academic supervision method could improved teachers’ ability to employ the circle centered learning model, and the learning process could be carried out properly.Abstrak: Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penerapan Model Pembelajaran Berpusat pada Sentra melalui Method Supervisi Akademik. Pembelajaran berpusat pada sentra merupakan model pembelajaran yang banyak diterapkan pada TK di Indonesia. Penerapan guru dalam menggunakan model tersebut beraneka ragam kualitasnya. Hal tersebut dikarenakan setiap guru memiliki pemahaman yang berbeda-beda terhadapmodel tersebut. Untuk dapat memecahkan masalah tersebut perlu dilakukan supervisi kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penerapan model pembelajaran berpusat pada sentra melalui kegiatan supervisi akademik. Penelitian dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Koperasi Batik, Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan supervisi akademik dapat meningkatan kemampuan guru TK dalam penerapan model pembelajaran berpusat pada sentra, dan proses pembelajarannya dapat berjalan lebih baik.
Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru Melalui Teknik Supervisi Kelas
Bambang Herry Iriantoro
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016): December 2016
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (326.73 KB)
|
DOI: 10.17977/um027v1i22016p024
Abstract: Improvement of Teaching Ability through The Class Supervision Technique. This study aims to improve the teaching skills of primary school teachers in learning through the implementation of supervision. The study was conducted in Gugus 3 Loceret the District Nganjuk with the design school action research, conducted in two cycles. The survey results revealed that the ability of teachers to teach elementary school could be improved through classroom supervision techniques. Improving the ability of teachers to teach is demonstrated by (a) increasing the ability to manage a class, (b) increasing the ability to use learning strategies, (c) increase the capacity to manage the interaction of classes, (d) an increase in the ability to help develop positive attitudes of students and (e) an increase in the ability to execute evaluation process and learning outcomes.Abstrak: Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru melalui Teknik Supervisi Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru SD dalam pembelajaran melalui pelaksanaan supervisi. Penelitian dilakukan Gugus 3 Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk dengan rancangan penelitian tindakan sekolah, dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan mengajar guru SD dapat ditingkatkan melalui teknik supervisi kelas. Peningkatan kemampuan mengajar guru tersebut ditunjukkan oleh (a) peningkatan kemampuan mengelola kelas, (b) peningkatan kemampuan menggunakan strategi pembelajaran, (c) peningkatan kemampuan mengelola interaksi kelas, (d) peningkatan kemampuan membantu mengembangkan sikap positif siswa dan (e) peningkatan kemampuan melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar.
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru
Nasrun Nasrun
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016): December 2016
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (382.805 KB)
|
DOI: 10.17977/um027v1i22016p063
Abstract: The Influence of Principal Leadership on Teachers’ Motivation and Their Performance. The purpose of this study to determine the effect of school leadership on work motivation and the performance of teachers. This type of research used in this research is explanatory research with methods of ex post facto basis that the research carried out relatively non-experimental. The population in this study were teachers in SMA Medan 241 teachers. This research uses descriptive statistical analysis and analysis infrensial. The results coefficient values obtained between the leadership of the principal lines of work motivation of teachers for 0,249 and the path coefficient between the leadership of the principal on teacher performance amounted to 0,156. This shows that the school leadership have a significant influence on the motivation and performance of teachers.Abstrak: Pengaruh Kepemimpinan Kepala sekolah terhadap Motivasi kerja dan Kinerja Guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja dan kinerja guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan metode expost facto dengan pertimbangan bahwa penelitian yang dilaksanakan tergolong non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Negeri Kota Medan sebanyak 241 guru. Penelitian ini mengunakan analisis statistik deskriptif dan analisis infrensial. Hasil penelitian didapatkan nilai koefisien jalur antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru sebesar 0,249 dan koefisien jalur antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,156. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja dan kinerja guru.
Pengaruh Pembelajaran Strategi REACT terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa PGSD tentang Koneksi Matematis
Yuniawatika Yuniawatika;
Ni Luh Sakinah Nuraeni
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016): December 2016
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (349.189 KB)
|
DOI: 10.17977/um027v1i22016p100
Abstract: Effects of Learning Strategies Against REACT Upgrades PGSD Students On Mathematical Connections. This study aims to examine in depth about the increasing ability of students through learning mathematical connection with REACT strategy. This research used a quasi-experimental design with control pre-test and post-test. The subjects of this study were students at the UM PGSD odd semester 2015/2016. Results from the study showed that the increase in the ability of the mathematical connection that gets students learning mathematics through REACT strategy is better than the improvement of the ability to connect students who receive conventional learning.Abstrak: Pengaruh Pembelajaran Strategi REACT terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa PGSD tentang Koneksi Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam mengenai peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa melalui pembelajaran dengan strategi REACT. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kontrol pre-test dan post-test. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD UM pada semester ganjil 2015/2016. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang mendapat pembelajaran matematika melalui strategi REACT lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan koneksi mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Peningkatan Hasil Belajar Lari melalui Penerapan Project Based Learning Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar
Gaguk Iriana
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016): December 2016
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (331.475 KB)
|
DOI: 10.17977/um027v1i22016p032
Abstract: The Improvement of the Results of Run Learning through the Implementation of Project Based Learning Grade IV in Elementary School. The problems found in the process of learning indicates that students understand the material being taught. The purpose of this research was to prove whether the application of the model of Learning Project Based Learning can improve learning outcomes basic motion run on elementary school students. The study used is the class action Research (School Action Research). Data analyzed by looking at the percentage of the increase that occurred from cycle to cycle. The results showed the applicability of Project Based Learning can improve student learning outcomes.Abstrak: Peningkatan Hasil Belajar Lari melalui Penerapan Project Based Learning Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Permasalahan yang ditemukan dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa siswa kurang memahami materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan apakah penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Data dianalisis dengan melihat persentase peningkatan yang terjadi dari siklus ke siklus. Hasil penelitian menunjukkan penerapan project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penerapan Model Direct Instructions Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes
Saiful Anam
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016): December 2016
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (356.409 KB)
|
DOI: 10.17977/um027v1i22016p071
Abstract: Application Instructions Direct Model to Improve Learning Outcomes PE. This study aims to determine the effectiveness of the implementation of Direct models Instructions in improving the process and learning outcomes of students of class VII B SMP Negeri 4 Blitar. Classroom action research for two cycles with research subjects totaling 34 students. Instruments of data collection using observation sheet teachers and students learning activities, tests, field notes, and documentation. Data were analyzed with the following steps: data reduction, exposure data, and drawing conclusions. Results showed through the application of models direct instructions from the first cycle to the second cycle showed increased student learning outcome.Abstrak: Penerapan Model Direct Instructions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model Direct Insructions dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Blitar. Penelitian tindakan kelas selama dua siklus dengan subyek penelitian berjumlah 34 siswa.Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi kegiatan pembelajaran guru dan siswa, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan model direct instructions dari siklus pertama ke siklus kedua menujukkan peningkatan hasil belajar siswa meningkat.
Studi Relevansi Alumni PGPAUD Universitas Negeri Malang dengan Dunia Kerja
Ahmad Samawi;
Retno Tri Wulandari;
Eny Nur Aisyah
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016): December 2016
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (327.493 KB)
|
DOI: 10.17977/um027v1i22016p001
Abstract: Study on Working Relevancy of The PG-PAUD Alumni of State University of Malang.The aim of this research was to describe: (1) the alumni appointment as teacher; (2) the relevant assignment of the alumni; (3) the spread of the alumni, and (4) the guidance to the alumni. This research useda descriptive research design. The results showed that: (a) most of the alumni (88%) have been appointed as teacher in private institution and some others(12%) in public school, with one month of the long period of waiting for a job;(2) all alumni got the job fitting the competency they have (as childhood teacher); (3) the alumni have been evenly spread to all areas; and (4) most of the alumni (72%) have been found a good guidance in acoording to their needs from supervisors, principals, the educational department, and the institution they work.Abstrak: Studi Relevansi Kerja Alumni PG-PAUD Universitas Negeri Malang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan:(1) pengangkatan alumni sebagai guru; (2) relevansi penugasan alumni; (3) persebaran alumni;dan (4) pembinaan alumni sebagai guru. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar alumni (88%) telah diangkat sebagai guru PAUD pada yayasan swasta dan sebagian lainnya (12%) diangkat sebagai guru PNS,dengan masa tunggu 1 bulan; (2) semua alumni bekerja sesuai dengan kompetensinya (sebagai guru PAUD); (3) alumni bekerja tersebar merata; dan (4) sebagian besar (72%) alumni memperoleh pembinaan dengan baik sesuai kebutuhan dari para pengawas, kepala sekolah, Dinas Pendidikan, dan yayasan tempat bekerja.
Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatan Hasil Belajar PKN tentang Kebebasan Berorganisasi
Kanti Pristiwati
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016): December 2016
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (333.447 KB)
|
DOI: 10.17977/um027v1i22016p040
Abstract: Application of Inquiry Learning Model for Improving Learning Outcomes of Civic Education About the Freedom to Organize. The purpose of this research are: (1) describe the application of inquiry learning model that can improve learning outcomes; and (2) describe the learning outcome of students in the subjects of Civic Education on Freedom to Organize the inquiry learning model can improve student learning outcomes Class V SDN Rembang 2 of Blitar. This type of research is the Classroom Action Research, and carried out in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that the implementation of inquiry learning model can improve the activity of the teacher, student activities, and student learning outcomes. This is evident from the acquisition value of the average student learning outcomes which have been steadily increasing from the first cycle was 73, and in Cycle II to 83. In addition the percentage of completeness of students in the first cycle was 58% and the second cycle reaches 87, 5%.Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatan Hasil Belajar Pkn Tentang Kebebasan Berorganisasi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inquiry yang dapat meningkatkan hasil belajar; dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tentang Kebebasan Berorganisasi dengan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Rembang 2 Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan secara bertahap mulai dari Siklus I sebesar 73, dan pada Siklus II menjadi 83. Selain itu persentase ketuntasan belajar siswa pada Siklus I sebesar 58% dan pada siklus II mencapai 87,5%.
Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Slamet Riyadi
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016): December 2016
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (295.012 KB)
|
DOI: 10.17977/um027v1i22016p080
Abstract: Implementation of Clinical Supervision in improving the Ability of Teachers to Teach the Subjects Moral Creed. Clinical supervision is one of the efforts in improving the professionalism of teachers. This research aims to (1) find out the implementation of clinical supervision in improving the ability of teaching; and (2) determine whether clinical supervision techniques can increase the ability of teachers to teach the subjects Moral Creed on MAN Rejotangan Tulungagung. This research uses the qualitative descriptive method with the class action research design. The results showed that the implementation of clinical supervision is going well and can increase the capability of the teachers teaching in the subjects Moral Creed.Abstrak: Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Supervisi klinis merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kemampuan mengajar; dan (2) mengetahui apakah teknik supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Makna Evaluasi Penyelenggaraan Program Pelatihan Pendamping Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
Aisyah Nurfiani
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016): December 2016
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (346.056 KB)
|
DOI: 10.17977/um027v1i22016p009
Abstract: Meaning of Training Program Implementasi Evaluation of Accreditation Assistants of Health Facilities at First Level. Program evaluation is a systematic method for assessing the effectiveness and efficiency of the project, policy and program implementation. The purposes of this study is to evaluate implementation of training program conducted by UPT Latkesmas Murnajati, Lawang, based on the implementation guidance published by PPSDM Ministry of Health RI 2011. the evaluation is focused on the participant, facilitators, and training process. The research finding shows that training program conducted by UPT Latkesmas Murnajati have been implemented by fairly well.Abstrak: Makna Evaluasi Penyelenggaraan Program Pelatihan Pendamping Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Evaluasi program merupakan satu metode ilmiah untuk menilai tingkat efektifitas dan efisien suatu proyek, kebijakan dan program. Penelitian evaluasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pelaksanaan program pelatihan yang diselenggarakan di UPT Latkesmas Murnajati, Lawang, dengan berpedoman pada pedoman penyelenggaraan pelatihan yang dikeluarkan oleh PPSDM Kementerian Kesehatan RI tahun 2011. Aspek yang dinilai meliputi peserta, fasilitator, dan penyelengaraan pelatihan. Hasil penelitian mendapati bahwa program pelatihan yang diselenggaran oleh UPT Murnajati Lawang telah diselenggarakan dengan cukup baik.