Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 1 (2022): Januari - April 2022

Effectiveness of using google form in evaluation of students' learning outcomes of UMNU Kebumen during the covid-19 pandemic

Endang Wahyuningsih (UMNU Kebumen)
Rolina Amriyanti Ferita (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemakaian Google Form pada evaluasi hasil belajar mata kuliah matematika diskrit mahasiswa UMNU Kebumen saat pandemi Covid-19. Evaluasi hasil belajar diperlukan guna mencari tahu hasil dari proses belajar mahasiswa. Pada masa pandemi Covid-19 ini, dengan adanya surat edaran pemerintah, pembelajaran dan evaluasi dilakukan secara online. Peningkatan pembelajaran online memberikan tantangan bagi para pendidik untuk memilih cara yang tepat guna memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran online khususnya dalam hal penilaian. Salah satu aplikasi yang dapat dipilih sebagai media evaluasi secara online adalah Google Form. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Ada sebanyak 37 mahasiswa yang menjadi responden pada penelitian ini. Pemakaian Google Form dalam kegiatan evaluasi ternyata “efektif” dengan persentase ketuntasan mahasiswa sebesar 78.38% yaitu pada kategori “cukup baik”. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan Google Form sebagai media evaluasi adalah efektif di masa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...