Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 6, No 2 (2022)

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL CONVERSATION DIGITAL MODULE MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

supriyono supriyono (sekolah Vokasi UGM)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Pembelajaran bahasa inggris merupakan salah satu bahasa yang bertujuan untuk komunikasi antara orang dan bangsa. Penggunaan Bahasa inggris yang baik dapat mengungkapkan ide perasaan, dan gagasan yang dimiliki. Keterbatasan penguasaan bahasa inggris pada siswa diakibatkan kurangnya rasa percaya diri dalam menyampaikan kemampuan berbahasa inggris dalam model conversation.  Pembelajaran model conversation dapat meningkatkan rasa percaya diri berkomunikasi siswa dengan penggunaan modul digital. Pembelajaran yang telah dilakukan dengan menggunakan model conversation menggunakan sampel siswa SMK. penelitian ini direalisasikan dengan membuat bahan ajar digital dengan aplikasi sigil yang bisa diakses menggunakan komputer, tablet dan atau smartphone dengan mengkompilasi berbagai material. Siswa dapat belajar mandiri sehingga dapat meningkatkan conversaion. Hasil dari penelitian ini bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan mode conversation sebesr 81,8 %  dari 7 komponen evaluasi. Kata Kunci: model conversation, Evektivitas, Pembelajaran, Bahasa inggris

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lingua

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal LINGUA FRANCA merupakan media informasi dan penyebarluasan artikel hasil penelitian maupun konseptual dengan bidang garapan yang berhubungan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Arjuna Subject : Seni dan Humaniora - Bahasa dan ...