Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

Pengembangan e-modul interaktif berbasis guided inquiry pada materi larutan penyangga dalam blended learning untuk SMA/MA sederajat

Yanni Irma Waty Simanjuntak (Universitas Riau)
Melinda Sari (Universitas Riau)
Berliana Iga Lestari (Universitas Riau)
Ismah Ismah (Universitas Riau)
Fitri Aldresti (Universitas Riau)
Sri Haryati (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2022

Abstract

E-modul interaktif adalah salah satu solusi utama yang efektif mengatasi permasalahan pembelajaran kimia dalam model blended learning. Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada bahan penyangga dalam model blended learning yang valid dan praktis. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi e-modul interaktif uji oleh tiga orang validator (validator materi, validator media dan validator bahasa) dan coba pengguna e-modul interaktif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil validasi pada aspek materi mencapai 92,86% dan aspek pembelajaran 92,73%. Hasil validasi ahli media menunjukkan aspek tampilan dengan persentase 96,36% dan pemanfaatan perangkat lunak 95%. Menurut validator bahasa berdasarkan aspek kebahasaan pada e-modul interaktif memperoleh persentase 97,78%. Skor respons pengguna oleh peserta didik melalui uji coba one to one dan uji coba small group adalah 81,067% dan 92%. Berdasarkan rata-rata skor keseluruhan validasi dan uji coba, bahwa e-modul interaktif berbasis inkuiri pada bahan penyangga adalah sangat valid dan sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran dalam model blended learning . 

Copyrights © 2022