Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah desain didaktis pada materi keliling persegi sehingga mampu mengatasi learning obstacle yang dialami siswa kelas IV SDN 92 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model penelitian Didactical Design Research (DDR). Subjek penelitian ini yaitu 12 orang siswa kelas IV, 17 orang siswa kelas V, dan 1 orang guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara kepada guru, pemberian tes berupa tes diagnostik, tes materi prasyarat, dan tes identifikasi akhir, catatan lapangan, dan rekaman video. Berdasarkan hasil penelitian, melalui implementasi desain didaktis yang telah dilakukan dapat membantu mengatasi atau mengurangi learning obstacle yang dialami siswa pada materi keliling persegi karena adanya perubahan signifikan dilihat dari hasil tes identifikasi akhir siswa yang diberikan setelah penerapan desain didaktis. Selain itu, desain didaktis mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.
Copyrights © 2023