Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 11, No 1 (2023)

Desain Didaktis Simetri Lipat untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Ratih Widuri (Universitas PGRI Palembang)
Nyiayu Fahriza Fuadiah (Universitas PGRI Palembang)
Aldora Pratama (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain didaktis simetri lipat untuk siswa kelas III Sekolah Dasar berdasarkan Learning Osbtacle. Menggunakan pendekatan kualitatif metode DDR (Didactical Disegn Research) yang meliputi tiga tahapan yaitu; analisis prosfektif, analisis metapedadidaktik, dan analisis retrosfektif. Berdasarkan analisis LO disusun Hypotethical Learning Trajectory (HLT) yang meliputi: tujuan pembelajaran, aktivitas siswa dan hipotesis kemudian dapat merancang desain didaktis hipotetik materi simetri lipat dan ada tiga tujuan pembelajaran yaitu; mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat, menyelesaikan simetri lipat pada bangun datar menggunakan benda konkret, menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar yang benar. Desain didaktis ini dapat diimplementasikan menggunakan media pembelajaran gambar dan bangun datar, setelah diterapkan mengalami penurunan pada LO yang muncul pada materi simetri lipat, artinya desain didaktis ini mampu menjadi solusi dari hambatan belajar yang terjadi pada siswa kelas III Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023