Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan analogi matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa SDN 79 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode true-experimental design dengan memakai posttest-only control design. Populasi yaitu siswa kelas V SD Negeri 79 Palembang berjumlah 195 orang. Populasi dilanjutkan dengan pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling, didapat 57 orang, yaitu kelas V.D sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas V.E menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data diambil dengan memberikan tes analogi dan tes berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dan uji korelasi Pearson. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan analogi matematis dan kemampuan berpikir kritis. Terdapat hubungan antara kemampuan analogi matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2023