JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 28, No 4 (2022): OKTOBER-DESEMBER

IMPLEMENTASI PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN SDM UMKM BINAAN KADIN KOTA BANDUNG BERKARAKTER TECHNOPRENEURSHIP

Nina Nurani (Widyatama University)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2022

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi nyata dalam pertumbuhan ekonomi kota Bandung. Diperlukan penguatan kompetensi SDM UMKM dalam penggunaan teknologi digital sebagai upaya menumbuhkan technopreneurship, dalam menghadapi tuntutan daya saing global. Untuk mengembangkan kompetensi tersebut diperlukan keterampilan, keahlian, inovasi dan kreativitas dalam penggunaan platform digital marketing. Namun, pelaku UMKM di kota Bandung masih ada yang belum adaptif terhadap kompetensi tersebut. Kegiatan Pengabdian Masyarakat diharapkan memberi solusi terhadap permasalahan tersebut berupa kegiatan penyuluhan keterampilan penggunaan berbagai platform digital marketing dengan metode pemaparan, diskusi dan tanya jawab serta simulasi secara offline. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2022. Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan berlangsung dengan baik dan materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan kerja. Tindak lanjutnya adalah perlu program keberlanjutan dengan pendampingan dosen Program Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Widyatama beserta Kadin Kota Bandung untuk membangun technopreneurship serta kebersamaan antar komunitas UMKM melalui media Forum Informasi/KomunikasiKata kunci: Digital Marketing, Penguatan, SDM, UMKM, Technopreneurship

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan (LPPM UNIMED) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada ...