Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Penerapan Metode Bernyanyi Berbasic Pengembangan Diri Anak Pada Masa Pandemi Covid-19

Erma Darmayanti (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
Joko Pamungkas (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
Indrawati Indrawati (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya stimulasi pengembangan diri anak pada masa pandemic covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan  menganalisis penerapan metode bernyanyi berbasis pengembangan diri anak pada masa pandemic covid-19 di TK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, orangtua, dan anak kelompok B TK Negeri 4 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode bernyanyi dapat melatih kemampuan menyanyi anak sesuai intonasi; (2) penerapan metode bernyanyi dapat melatih kemampuan menyanyi anak dengan percaya diri. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi dapat menstimulasi pengembangan diri anak pada masa pandemi covid-19 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...