Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE)
Vol 2, No 2 (2022): October 2022

Pelatihan Produksi Konten dan Pengelolaan Sosial Media untuk Pemula dan Pelaku UMKM di Desa Karangtalun Magelang

Prahastiwi Utari (Universitas Sebelas Maret)
Tanti Hermawati (Universitas Sebelas Maret)
Chatarina Heny Dwi Surwanti (Universitas Sebelas Maret)
Adolfo Eko Setyanto (Universitas Sebelas Maret)
Firdastin Ruthnia Yudiningrum (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2022

Abstract

Peran sosial media dan media digital saat ini sudah semakin luas dan berkembang. Motif menggunakan sosial media sudah semakin bervariasi dari memenuhi kebutuhan informasi, hiburan hingga kebutuhan ekonomi. Beda jenis sosial media beda pula cara orang memproduksi konten yang akan di publikasikan di sosial media tersebut. Hadirnya platform sosial media seperti TikTok, Reels Instagram, Story Whatsapp dan lainnya menambah tingkat kreatifiktas pengguna dalam mengembangankan jenis konten yang diproduksi. Selain itu platform sosial media saat ini juga menyediakan analytic tools dimana biasanya seseorang atau sebuah brand dapat memonitor tingkat engagement konten di sosail medianya. Parameter ini memberikan informasi mengenai berapa banyak jumlah likes, comment dan share dalam rentang waktu tertentu. Engagement yang banyak tentunya menunjukkan bahwa audiens berminat dengan konten tersebut. Maka dari itu dengan berkembangnya fasilitas dari produsen media sosial dan semakin luasnya fungsi sosial media yang dapat meningkatkan keuntungan secara ekonomi baik personal maupun brand maka kami bermaksud membuat pelatihan produksi konten dan pengelolaan sosial media untuk pemula dan pelaku UMKM di Desa Karangtalun, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang. Di mana lokasi tersebut dipilih karena adanya peluang bisnis desa wisata yang mulai berkembang daerah Kabupaten Magelang. Diharapkan dengan pelatihan tersebut dapat membantu masyarakat Desa Karangtalun, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang untuk lebih kreatif dalam memasarkan desa wisatanya melalui pembuatan konten sosial media yang lebih menarik dan dapat menjual desa wisatanya tidak hanya untuk lingkup nasional tetapi juga internasional

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJOCSEE

Publisher

Subject

Engineering Other

Description

Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE) by Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International ...