Computer Based Information System Journal
Vol. 10 No. 2 (2022): CBIS Journal

ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT INDORITEL MAKMUR INTERNASIONAL TBK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI

Tukino Tukino (Universitas Putera Batam)
Sasa Ani Arnomo (Universitas Putera Batam)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2022

Abstract

PT Indoritel Makmur Internasional Tbk atau yang lebih dikenal dengan Indomaret merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang ritel yang mana perusahaan ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu, peletakan produk pada rak yang tidak sesuai dengan kebiasaan konsumen saat membeli produk secara bersamaan dalam satu waktu. Hal ini menyebabkan kekecewaan pada konsumen yang tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu perusahaan harus mencermati pola pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Untuk mengetahui produk yang dibeli secara bersamaan, menggunakan association rule (aturan asosiasi) yaitu teknik Data Mining untuk menemukan aturan asosiasi suatu kombinasi item. Proses pencarian asosiasi menggunakan metode algoritma apriori yang dapat menghasilkan pengetahuan yang terkandung dalam data transaksi pelanggan, mengenai pola pembelian oleh konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan algoritma apriori yang memenuhi syarat nilai minimum confidence dan diuji dengan software Tanagra, pada toko Indomaret rule tertinggi yang muncul pada produk Kunci Mas Minyak Goreng Pch 1,8l dan Sedap Mie Kari Special 75G dengan nilai Support 43,3% dan confidence 92,8%, hal ini sama dengan perhitungan manual algoritma apriori. Maka dapat dilakukan pengaturan tata letak produk secara berdekatan untuk memudahkan keberadaan produk tersebut dan memudahkan dalam menentukan persediaan produk promo yang diinginkan konsumen serta dapat digunakan sebagai pendukung keputusan manajer dalam mengelola aktifitas perusahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cbis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Library & Information Science

Description

CBIS Journal diterbitkan dua kali setahun, pada bulan maret dan september. Bidang penelitian yang diterbitkan meliputi data mining, text mining, data warehouse, online analytical processing, artificial intelligence, decision support system, Mobile Application, Software engineering, Software Testing, ...