SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 5, No 2 (2022): July - December

Pengaruh Kepuasan dan Switching Barrier terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Lisa Apriliani Umar (PPs STIE Amkop Makassar)
Hapsawati Taan (Unknown)
Umin Kango (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2022

Abstract

Abstract Bisnis operator seluler terus berkembang dan meningkat dengan pesat sehingga pelanggan lebih memilih perusahaan yang menciptakan inovasi dan strategi dalam pelayanannya agar pelanggan tetap merasa puas dan tetap loyal dalam menggunakan produknya. Faktor yang menjadi stimulus pada peningkatan loyalitas pelanggan adalah Kepuasan dan Switching Barrier. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pengaruh Kepuasan dan Switching Barrier Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menggunakan kartu Telkomsel dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis penelitian ini diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, Kepuasan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, yang berarti bahwa pelanggan tidak puas dengan Telkomsel karena tidak ada faktor lain untuk membuat pelanggan merasa puas seperti adanya Switching Barrier. Sedangkan Secara simultan, Kepuasan dan Switching Barrier memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Keywords: Kepuasan; Switching Barrier; Loyalitas Pelanggan; Telkomsel

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...