SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 5, No 2 (2022): July - December

Analisis Faktor Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian dalam Lingkungan Harga Dinamis di Shopee Indonesia

M. Rezky Dwi Putra (PPs STIE Amkop Makassar)
Osa Omar Sharif (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang akan disebarkan melalui media komunikasi online dengan memanfaat media sosial, khususnya Instagram, Line dan Whatsaap dan diperuntukan untuk 400 orang responden yang berasal dari penghitungan Slovin yang merupakan pengguna aplikasi dan website Shopee. Selanjutnya akan diolah menggunakan aplikasi statistik SPSS dengan metode analisis Principal Component Analysis. Dihasilkan enam faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen shopee untuk melakukan pembelian pada lingkungan harga yang dinamis antara lain yaitu kesadaran harga dinamis pada e-commerce, persepsi harga, pengalaman berbelanja, kepercayaan pada sistem, strategi membeli dan masalah privasi. Sehingga disarankan untuk Shopee dapat fokus pada membangun dan mengembangkan faktor-faktor yang terdapat dalam penelitian ini yaitu kesadaran harga dinamis pada e-commerce, persepsi harga, pengalaman berbelanja, kepercayaan pada sistem, strategi membeli dan masalah privasi. Maka diperlukan suatu pemahaman mengenai perilaku pelanggan dan bagaimana reaksi pelanggan terhadap penetapan harga yang dinamis, terutama dalam membuat pelanggan dan penjual lebih sadar akan dengan solusi penetapan harga yang dinamis yang menjadi win win solution antara penjual dan pembeli. Sehingga akan membentuk keputusan pembelian konsumen yang baik. Keywords: Faktor Harga Dinamis, Shopee, Principal Component Analysis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...