Abstrak Penelitian ini menggunakan teknik analisis dengan konsep Miles dan Huberman. Miles dan Huberman telah menunjukkan bahwa teknik analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan terus menerus pada semua tahapan penelitian sampai penelitian selesai. Subjek penelitian merupakan informan yang dipercaya menjadi narasumber atau sumber informasi yang akan memberikan informasi secara akurat untuk melengkapi data penelitian. Pada penelitian ini yang akan menjadi subjek penelitian yaitu Owner Marketing dan Restaurant Manager Kopi Sabin. hasil penelitian yang dilakukan di Kopi Sabin Banjarnegara mengenai strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas di masa pandemi, maka dapat disimpulkan bahwa Kopi Sabin Banjarnegara dalam mempromosikan produknya sudah menggunakan dua strategi efektif yaitu strategi pesan dan strategi media yang dijalankan berdasarkan model bauran komunikasi (advertising, sales promotion, event and experience, direct marketing, interactive marketing, word of mouth marketing and personal selling) yang telah mencapai loyalitas konsumen. Konsumen merekomendasikan produk kepada yang lain melalui kegiatan words of mouth yang merupakan elemen komunikasi yang paling efektif dalam mempertahankan loyalitas dan yang terakhir konsumen menunjukkan kekebalan dari produk pesaing dapat dipengaruhi oleh personal selling dan event & experience menurut loyal customer client dan advocates. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Brand image, Loyalitas, Pandemi
Copyrights © 2022