KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2 No 3 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA PRODUK STIK SAYUR KWT SAWUNGGALING

Dayu Renita (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Bagas Adil Putra Jaya (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Muhammad Ariq Marzuqi (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Muhammad Sholehudin (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Wildan Ar Rosyid (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Kinanti Almaska Zahra (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Dewi Puspa Arum (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang luas dan cepat, banyak sektor esensial yang menggunakan metode konvensional mulai beralih dengan metode modern dengan memanfaatkan dunia digital dalam aktivitasnya. Penerapan dunia digital dalam pemasaran juga menjadi salah satu strategi pemasaran yang disarankan untuk dilakukan oleh setiap pelaku usaha. Namun, KWT Sawunggaling masih belum menerapkan strategi pemasaran dengan optimal. Sampai saat ini, penjualan mereka hanya berfokus pada warga sekitar dan di promosikan melalui cerita WhatsApp. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada 7 – 20 November dengan tujuan untuk membantu KWT Sawunggaling dalam mengoptimalkan pemasaran produk stik sayurnya menggunakan pemasaran digital, sehingga akan berdampak positif pada peningkatan volume jumlah penjualan yang nantinya akan meningkatkan pendapatan dari usaha tersebut. Metode yang digunakan adalah metode pengabdian masyarakat yang meliputi sistem tindakan yang akan dilakukan dan urutan serta tahapan yang dibutuhkan dalam menjalankan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini adalah menetapkan ulang harga jual dari setiap varian yang dipasarkan berdasarkan perhitungan (Break Even Point) BEP. Pendaftaran di lokapasar dilakukan sebagai implementasi dari optimalisasi pemasaran melalui digital marketing. Pelaksanaan foto produk yang ditujukan sebagai tampilan foto di setiap lokapasar yang ada, menjadikan tampilan toko terlihat lebih bagus dan dapat menarik konsumen agar membeli produk yang dijual. Dengan demikian, apa yang telah dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini diharapkan menjadi solusi terbaik dari setiap permasalahan yang sedang dihadapi oleh KWT Sawunggaling.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KARYA_JPM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat pada multidisiplin penerapan iptek baik yang berbentuk ...