Jurnal Mamangan
Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Sosial Mamangan

PUAR CAMA UNTUK ANAK CUCU: Kearifan Lokal Untuk Sustainability Forest di Manggarai Barat

Firdaus Firdaus (Dosen Program Studi Pendidikan Sosiologi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2015

Abstract

Hutan menjadi penting bagi kehidupan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak. Dalam pemanfaatan hutan, masyarakat tidak jarang berperilaku eksploitatif. Di Manggarai Barat, Hutan Mbeliling memiliki fungsi penting sebagai penyangga daratan Manggarai dan pemasok air bersih warga kota. Selain itu, hutan Mbeliling juga memberikan ruang dan peluang yang besar bagi perekonomian warga. Untuk menjawab kebutuhan ekonomi, pemanfaatan hutan Mbeliling kadang-kadang keluar dari konsep sustainability. Tidak jarang hutan Mbeliling ditebang secara massal oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Hal tersebut berimplikasi terhadap ekosistem hutan dan berkurangnya flora dan fauna hutan. Di balik itu, jauh sebelum hutan dimanfaatkan secara eksploitatif, masyarakat adat Manggarai telah memiliki mekanisme adat dalam menjaga hutan. Tulisan yang bersumber dari hasil penelitian ini menguraikan mekanisme adat dan potensi kearifan masyarakat dalam mengelola hutan secara berkalanjutan.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Sosial Mamangan with registered number ISSN 2301-8496 (Print) and ISSN 2503-1570 (Online) is peer review journal published by Labratory of Sociology Education Department of STKIP PGRI Sumatera Barat. The journal is to disseminating research and conceptual article in the field of social ...