Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi
Vol. 1 No. 4 (2022)

Peningkatan Literasi Keuangan Syariah, Kecerdasan Spiritual Dan Persepsi Dalam Membentuk Perilaku Masyarakat Untuk Keputusan Penggunaan Produk Bank Syariah: Pembelian, Perilaku, Literasi, Kecerdasan Spiritual, Persepsi

Susriyanti Susriyanti (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Yulasmi Yulasmi (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Fitri Yeni (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2022

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan pemaparan dari hasil yang penelitian yang telah kami lakukan sebelumnya. Pemaparan ini dimaksudkan agar hasil penelitian yang kami temukan dapat bermanfaat untuk memberikan kontribusi positif bagi mitra kami yaitu BPR Mentari Saiyo Simpang Empat Pasaman karena temuannya berhubungan dengan lingkup kerja mereka sebagai salah satu pengelola perbankan syariah. Metode pengabdian yang kami lakukan adalah dengan cara melakukan presentasi dan mengadakan forum grup diskusi untuk mendiskusikan masalah-masalah yang dianggap relavan. Permasalahan yang dipaparkan berdasarkan hasil temuan penelitian kami adalah tentang “Peran Literasi Keuangan Syariah, Kecerdasan Spiritual, Dan Persepsi Dalam Membentuk Perilaku Masyarakat Untuk Keputusan Penggunaan Produk Bank Syariah”. Hasil pemaparan menyatakan bahwa literasi keuangan syariah tidak begitu berperan dalam membentuk perilaku untuk keputusan pembelian produk bank syariah. Sedangkan kecerdasan spiritual dan persepsi berperan di dalam membentuk perilaku masyarakat untuk keputusan pembelian produk bank syariah. Ternyata di dalam forum diskusi mitra mengungkapkan bahwa kondisi tersebut memang terjadi seperti itu pada bank mereka. Dan mereka juga mengalami kendala dalam melakukan promosi karena keterbatasan sumber daya organisasi yang mereka miliki, baik dari segi keuangan, mesin, tekknologi maupun sumber daya manusianya. Kami memberikan solusi bahwa mereka bisa memberdayakan kemampuan melek teknologi dari para mahasiswa yang magang di sana untuk melakukan promosi melalui jaringan media social yang marak saat ini seperti tiktok, whatsapp, Instagram, dll. Mereka bisa menggunakan berbagai jaringan social yang ada seiring dengan kemajuan teknologi dan banyak dilihat masyarakat tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Sedangkan untuk keterbatasan sumber daya manusianya otomatis perusahaan harus banyak melakukan ataupun mengikuti diklat untuk menambah kemampuan edukasi maupun skill dari para karyawan mereka. Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan pengabdian ini, mitra sangat berterimakasih dan mendapatkan manfaat terhadap perusaan mereka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPMA

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Focus Jurnal Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk menyediakan wadah bagi peneliti Nasional di bidang Bisnis dan Teknologi Terapan untuk mempublikasikan artikel asli dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Scope Ruang lingkup Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah Bisnis dan Teknologi. Jurnal ini ...