Jurnal Riset Teknik Industri
Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Teknik Industri (JRTI)

Perancangan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Metode TOPSIS

Shafa Assylla (Teknik Industri, Universitas Islam Bandung)
Nugraha (Teknik Industri, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Abstract. A Bakery is one of the many micros, small and medium enterprises that do not yet understand the importance of a marketing strategy in competing with other competitors. The problem that occurred at A Bakery was not achieving the sales target of 80% of the monthly production volume. The purpose of this research is to identify the company's environmental factors that can increase sales volume and propose the right marketing strategy to A Bakery based on the ranking results using the TOPSIS method. The design strategy is carried out using SWOT analysis, calculating the IFE and EFE matrices, creating a SWOT matrix, and conducting SWOT quadrants, then determining alternative marketing strategies using TOPSIS to obtain A Bakery's marketing priority strategy. This study resulted in A Bakery's condition in the SWOT quadrant being in quadrant 2 (diversification). This makes the suitable strategy for A Bakery is to utilize and maintain its strengths to avoid and deal with the impact of various external threats. The resulting strategic alternatives are improving good relations with suppliers and customers (A1), creating a special social media account for A Bakery (A2), registering A Bakery products with online food delivery services (A3). The results show that the priority strategy to be used by A Bakery is A2. Abstrak. A Bakery merupakan salah satu dari sekian banyak usaha mikro, kecil dan menengah yang belum memahami pentingnya strategi pemasaran dalam bersaing dengan kompetitor lainnya. Permasalahan yang terjadi pada A Bakery adalah tidak tercapainya target penjualan sebesar 80% dari volume produksi bulanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor lingkungan perusahaan yang mampu meningkatkan volume penjualan dan mengusulkan strategi pemasaran yang tepat kepada A Bakery berdasarkan hasil pemeringkatan menggunakan metode TOPSIS. Strategi perancangan dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT, menghitung matriks IFE dan EFE, membuat matriks SWOT, dan melakukan kuadran SWOT, kemudian menentukan alternatif strategi pemasaran menggunakan TOPSIS untuk mendapatkan strategi prioritas pemasaran A Bakery. Penelitian ini menghasilkan kondisi A Bakery pada kuadran SWOT berada pada kuadran 2 (diversifikasi). Hal ini membuat strategi yang cocok untuk A Bakery adalah dengan memanfaatkan dan mempertahankan kekuatannya untuk menghindari dan menghadapi dampak dari berbagai ancaman eksternal. Alternatif strategi yang dihasilkan adalah meningkatkan hubungan baik dengan pemasok dan pelanggan (A1), membuat akun media sosial khusus A Bakery (A2), mendaftarkan produk A Bakery ke layanan pesan antar makanan online (A3). Hasil pemeringkatan menggunakan metode TOPSIS diketahui bahwa strategi prioritas yang akan digunakan oleh A Bakery adalah A2.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRTI

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Riset Teknik Industri Jurnal Riset Teknik Industri (JRTI) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan kajian hasil riset dan teoritik terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian Teknik Industri. JRTI ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN ...