Alignment: Journal of Administration and Educational Management
Vol 5 No 2 (2022): Alignment:Journal of Administration and Educational Management

Analisis Kompetisi Guru Sekolah Dasar di Provinsi Nusa Tenggara Barat

Khoirul Anam (Universitas Terbuka)
Gunawan Wiradharma (Unknown)
Cicilia Clara Devi Anggrini (Unknown)
Raden Sudarwo (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Abstract: This study aims to describe teacher competencies, namely pedagogic competence, personality competence, social competence, and professional competence in elementary school teachers in West Nusa Tenggara Province. The research method used in this research is qualitative with a descriptive approach. The number of informants used in this study were 5 elementary school teachers in Central Lombok district. The data were collected in this study by structured interviews with informants. The results of this study indicate that teachers have 4 competencies, namely pedagogic competence, personality competence, social competence, and professional competence. The four teacher competencies support each other in helping students to obtain effective learning and as an effort to manage the abilities of students in schools, so that national education goals are achieved. Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesionalisme Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional pada guru sekolah dasar di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 5 oarang guru sekolah dasar di kabupaten Lombok Tengah, pengambilan data penelitian ini dengan wawancara terstruktur kepada informan. Hasil penelitian ini menunjjukkan bahwa guru memiliki 4 kompetensi yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Adapun keempat kompetensi guru tersebut saling menunjang dalam membantu peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang efektif dan sebagai upaya mengelola kemampuan peserta didik di sekolah, sehingga tercapainya tujuan pendidikan nasional. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik; Kompetensi Kepribadian; Kompetensi Sosial; dan Kompetensi Profesionalisme

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ALIGNMENT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Aligment memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu Manajemen dan Administrasi ...