Alignment: Journal of Administration and Educational Management
Vol 5 No 2 (2022): Alignment:Journal of Administration and Educational Management

Fungsi Persepsi Guru terhadap Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas

Hamdan Hamdan (Universitas PGRI Silampari, Indonesia)
Mufti Afan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya fungsi gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja terhadap kinerja guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Al-Ikhlas Kota Lubuklinggausecara terpisah maupun simultan. Populasi subjek penelitian ini adalah seluruh guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Al-Ikhlas Kota Lubuklinggau yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis regresi dan korelasi. Hasil analisis ditemukan: (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (Freg =22,644, p < 0,05), (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru (Freg = 20,662, p < 0,05), (3) terdapat kontribusi yang positif terhadap kinerja guru (Freg = 65,552, p < 0,05), motivasi kerja terhadap kinerja guru (Freg = 28,487, p < 0,05). Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Al-Ikhlas Kota Lubuklinggau secara terpisah maupun simultan. Kata kunci: gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, kinerja guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ALIGNMENT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Aligment memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu Manajemen dan Administrasi ...