Jurnal Basicedu
Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236

Korelasi Antara Konjektur dan Justifikasi Matematis terhadap Kemandirian Belajar

Yani Supriani (Universitas Serang Raya)
Usep Sholahudin (Universitas Serang Raya)
Giyanti Giyanti (Universitas Serang Raya)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dugaan atau konjektur dan justifikasi matematis terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa pendidikan matematika semester V Universitas Serang Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data variable konjektur dan justifikasi matematis dilakukan dengan menyebarkan angket dan kuesioner kepada 91 responden, sedangkan kemandirian belajar diperoleh dengan analisis data dari nilai mahasiswa. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) ada hubungan antara konjektur terhadap kemadirian belajar mahasiswa pendidikan matematika semester V di Universitas Serang Raya, 2) ada hubungan antara justifikasi matematis terhadap kemadirian belajar mahasiswa pendidikan matematika semester V di Universitas Serang Raya, 3) ada hubungan antara konjektur dan justifikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika semester V di Universitas Serang Raya dalam pembelajaran logika dasar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...