Jurnal Basicedu
Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236

Pola Asuh dan Kedekatan Orang Tua (Ibu) yang Bekerja pada Pencapaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD

Iir Nikmatul Fathonah (Universitas Negeri Semarang)
Kartono Kartono (Universitas Negeri Semarang)
Eko Purwanti (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  jenis pola asuh , jenis kedekatan dan pengaruh pola asuh dan kedekatan orang tua (ibu) yang bekerja pada hasil belajar IPS.Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Raksa Budi. Jenis penelitian mixed methods (sequential exploratory) yaitu mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif kemudian mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif.berdasarkan hasil penelitian ibu yang bekerja dan ibu yang tidak bekerja menerapkan pola asuh demokratis. Dengan jumlah skor ibu yang bekerja 417 (42,95%) dan ibu yang tidak bekerja 413 (42,43%) dari skor maksimal 1000. Kedekatan yang diterapkan oleh ibu yang bekerja dan ibu yang tidak bekerja yakni kedekatan aman. Dengan skor ibu yang bekerja 413 (42,71%) dan skor ibu yang tidak bekerja 338 (41,64%) dari skor maksimal 900. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa , dimana  nilai thitung 6,307 dan nilai koefisien pola asuh orang tua menunjukkan angka positif dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05 dengan dibuktikan hasil belajar siswa tidak ada nilai yang sangat rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...