Jurnal Basicedu
Vol 6, No 6 (2022): December 2022

Pengaruh Model Numbered Head Together terhadap Motivasi Belajar Siswa SD tentang Keberagaman Karakteristik Individu dalam Keluarga Muatan PKn

Muhamad Ridwan Habibi (Institut Pendidikan Nusantara Global)
Samsul Rizal (Institut Pendidikan Nusantara Global)
Saleh Saleh (Institut Pendidikan Nusantara Global)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memotivasi siswa belajar di SDN Sumbek di Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian perilaku kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas atas di SDN Sumbek Lombok Tengah yang berjumlah 24 siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berhitung, bertanya, berpikir bersama, dan bertanggung jawab sehingga memotivasi siswa SDN Sumbek Kelas IV untuk belajar. Pada periode sebelumnya persentase kesiapan siswa masih rendah yaitu 39,98%. Penggunaan model pembelajaran NHT Siklus I meningkatkan proporsi motivasi belajar siswa sebesar 65,43% dan termasuk dalam kategori tinggi. Siklus II dengan menggunakan model pembelajaran NHT meningkatkan tingkat motivasi belajar siswa sebesar 76,04% yang termasuk dalam kategori tinggi dan memenuhi kriteria prestasi belajar. Artinya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan telah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Model Numbered Head Tugether dapat meningkatkan motivasi siswa pada tema keberagaman individu dalam keluarga. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...