Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan upaya yang harus dilakukan oleh guru agama di SD Negeri 6 Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, tujuannya adalah untuk mendeskripsikan seluru komponen yang ditemukan dalam penelitian dan menganalisisnya dengan pengumpulan data menggunakan teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukan bahwa problematika pembelajaran pendidikan agama islam (pai) pasca pandemi covid-19 memiliki pengaruh negatif tehadap guru dan siswa, seperti harus mampu beradapatasi dalam pembelajaran di kelas, akhlak yang baik ketika berada di sekolah, mengikuti pembelajaran tatap muka. Kemudian upaya yang dilakukan oleh guru Agama adalah dengan mengajarkan siswa untuk melakukan tanggungjawabnya sebagai seorang muslim, seperti siswa melaksanakan sholat dhuha berjamaah di mesjid sekolah, mengaji atau membaca Al Qur’an dan menghafalakan surat-surat pendek. harapannya agar peserta didik dapat bersungguh-sungguh dan termotivasi kembali dalam mempelajari ilmu agama Islam baik berada di rumah atas pantaun orang tua masing-masing peserta didik maupun berada di lingkungan sekolah . Dengan demikian Kepala Sekolah, Guru Agama dan siswa harus mampu menerapkan kebiasaan-kebiasan yang baik di sekolah dan mereka tetap melakukan tanggung jawabnya sebagai seorang muslim yang baik meskipun setelah mereka kembali kerumah masing-masing.
Copyrights © 2022