JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik
Vol 7 No 1 (2022): Vol. 7 No. 1 (2022): Volume 7, Nomor 1, April 2022

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENJAS BERBASIS STUDENT CENTER DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA

Oetari Lismana (Universitas Negeri Padang)
Rita Prima Bendriyanti (Universitas Dehasen Bengkulu)
Citra Dewi (Universitas Dehasen Bengkulu)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Manajemen pembelajar merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, dalam hal ini pemahaman mengenai kurikulum 2013 perlu dikuasai oleh seorang guru agar efektifnya pembelajaran. Kurangnya sarana atau media guru untuk menambah wawasan mengenai hal tersebut menjadi dampak terjadinya pembelajaran yang kurang sesuai. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diketahui bagaimana pengelolaan pembelajaran pendidikan jasmani di SMPIT Khairunnas Kota Bengkulu. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk mengetahui penemuan di lapangan dan metode analisis tersebut dapat menyajikan hasil penelitian secara lebih terperinci. 2 orang guru yang mengajar pendidikan jasmani dipilih sebagai responden penelitian berdasarkan kriteria mata pelajaran yang diampu. Pengumpulan data menggunakan bantuan instrumen pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Melalui penelitian yang sudah  dilakukan didapati ternyata pengelolaan pembelajaran penjasorkes di SMPIT Khairunnas Kota Bengkulu telah terlaksana dengan baik, Namun ada beberapa faktor yang perlu ditingkatkan yakni mengenai persiapan guru dalam melengkapi perlengkapan pembelajaran seperti silabus pada saat sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan. RPP dipersiapkan agar tidak memunculkan kesan jika seorang guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan ketika melaksanakan tugasnya. kehidupan sehari-hari mereka hanya menjalankan kewajibannya atau hanya memenuhi tuntutan atasannya yang mana di akhir hasil belajar siswa jadi kurang optimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik e-ISSN : 2527-6891 is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The innovation of teachers and lecturers in the development of the education sector can ...