Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan
Vol 3, No 1 (2022)

Pengembangan tes kebugaran jasmani untuk anak tunanetra menggunakan modifikasi harvard step test tingkat sekolah dasar

Erda Ayu Septiasari (SMA Negeri 1 Kalasan)
Sumaryanti Sumaryanti (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah tes kebugaran jasmani berupa bangku modifikasi Harvard step test yang sesuai dengan karakteristik anak tunanetra tingkat Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan research and development. Validasi ahli dilakukan oleh tiga pakar yaitu: pakar pendidikan adaptif, pakar tes pengukuran dan pakar konstruksi bangku. Ujicoba lapangan dilakukan terhadap dua sekolah SLB yang ada di DIY. Ujicoba skala kecil dilakukan pada empat siswa tunanetra SLB N 1 Bantul. Ujicoba skala besar dilakukan pada sepuluh siswa SLB A Yaketunis. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan validitas empirik dan reliabilitas test-retest yang dilakukan pada tujuh siswa SLB A Yaketunis. Penelitian ini menghasilkan alat tes kebugaran jasmani berupa modifikasi Harvard step test yang dibuat berdasarkan karakteristik anak tunanetra yang memiliki validitas dan reliabilitas baik, sehingga dapat dijadikan alat ukur yang digunakan guru untuk mengevaluasi tingkat kebugaran siswa tunanetra di sekolah. Developing a physical fitness test for blind children using the modified Harvard step test for elementary school Abstract: This study aims to develop a physical fitness test in the form of a modified Harvard step test bench in accordance with the characteristics of blind children, for blind children at the elementary level. This development was modified in two stages: the preliminary stage and the development stage. The research trials were conducted in two schools of SLB in DIY. The small-scale trials were conducted on four students of SLB N 1 Bantul. A large trial was conducted on ten students of SLB A Yaketunis. The validity and reliability were measured using empirical validity and test-retest reliability. The study concludes that the modification of the Harvard step test made based on the characteristics of blind children has good validity and reliability, and so it can be used as a measuring tool used by teachers to evaluate the fitness level of blind children in school.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pok

Publisher

Subject

Health Professions Social Sciences

Description

Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan is a journal published by Universitas Negeri Yogyakarta. The journal is published twice a year, in May and November. Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan biannually publishes research on various aspects of the sports and exercise sciences, including anatomy, ...