Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 5, No 2 (2022): (November) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 TALIBURA

Yohana Leonarda Somi Hokeng (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA IKIP Muhammadiyah Maumere)
Kristina Tresia Leto (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA IKIP Muhammadiyah Maumere)
Kartini Rahman Nisa (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA IKIP Muhammadiyah Maumere)
Sunarwin Sunarwin (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA IKIP Muhammadiyah Maumere)
Febriyanti Febriyanti (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA IKIP Muhammadiyah Maumere)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa di SMA Negeri 1 Talibura Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah dari banyaknya populasi 50, sedangkan sampel penelitian ini ada dua puluh lima (50) siswa kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yang berjumlah 25 orang. Tehnik dari penelitian ini adalah menggunakan sampel atau (tehnik sampling jenuh). Penelitian ini menggunakan metode static group comparison design. Rancangan ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Setelah data terdistribusi normal, dilanjutkan dengan analisis homogenitas varians. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu sebesar 1,458 < 1,983. Dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan mengitung uji t dan diperoleh thitung > ttabel yaitu sebesar 7,142 > 2,0163, yang berrati H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembeljaran inkuiri terbimbing terhadap konsep pemahmaan konsep siswa pada materi larutan penyangga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...