Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 10 No. 1 (2022): Juni

PENGARUH PERSEPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA JURUSAN IPS SMA NEGERI 2 KUOK

Diah Rahmadana (Unknown)
Fitriani (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif eksplanasi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pelaksanaan pembelajaran online terhadap disiplin belajar siswa jurusan IPS SMA Negeri 2 Kuok. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IPS SMA Negeri 2 Kuok yang berjumlah 72 orang siswa, variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi pelaksanaan pembelajaran online sebagai variabel bebas serta disiplin belajar siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan data digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kusioner (angket). Hasil pengujian dengan menggunakan program SPSS diketahui nilai signifikan variabel persepsi pembelajaran online sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara persepsi pembelajaran online terhadap disiplin belajar siswa jurusan IPS SMA Negeri 2 Kuok. Hasil perhitungan koefisien determinan diketahui bahwa besarnya pengaruh persepsi pembelajaran online terhadap variabel disiplin belajar siswa yaitu sebesar 0,580 atau dalam persentase yaitu sebesar 58% bahwa persepsi pembelajaran online mempengaruhi disiplin belajar siswa. Sedangkan sisanya 42% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak terdapat pada penelitian ini. Kata Kunci: Persepsi Pembelajaran Online, Disiplin Belajar Siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...